KESEHATAN

Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Kanker yang Harus Diwaspadai

SI Online – Kanker merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat tidak normalnya pertumbuhan sel jaringan tubuh yang kemudian berubah menjadi sel kanker. Kanker sendiri dapat menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu yang singkat.

Seperti diketahui, penyakit ini bisa menyerang siapa saja, pria atau wanita, tua dan muda. Kebanyakan dari mereka yang terkena kanker tidak mengetahui gejala atau tanda dari penyakit ini.

Namun sebenarnya ada beberapa tanda yang dapat diketahui secara dini. Sebagaimana dilansir Thehealthsite, berikut adalah tanda atau gejala kanker:

1. Perubahan saat buang air besar

Jika biasanya kita buang air besar secara sehat dan teratur, akan tetapi tiba-tiba mendadak menjadi tidak teratur bahkan frekuensi, kontipasi, diare, terjadi perubahan bentuk atau warna, hal ini bisa jadi salah satu tanda gejala kanker kolorektal atau usus.

2. Luka yang tidak kunjung sembuh

Jika mengalami luka dan tidak sembuh selama lebih dari tiga bulan, ditambah adanya noda merah, bercak kasar, dan bersisik yang disertai dengan pendarahan, hal tersebut adalah tanda awal dari kanker kulit.

3. Pendarahan yang tak biasa

Umumnya pendarahan yang terjadi pada payudara yang dapat diindikasikan sebagai kanker payudara. Kanker payudara tidak hanya terjadi pada wanita tapi juga dapat terjadi pada pria. Pendarahan yang tidak biasa juga dapat terjadi pada kandung kemih, vagina atau rektum yang mana tanda ini merupakan tanda dari kanker kolorektal, servik, atau prostat.

4. Terjadi benjolan di payudara atau tempat lain

Benjolan di payudara dan testis menandakan adanya kanker payudara. Namun tidak semua benjolan bersifat kanker. Nah jika terdapat benjolan disekitar tubuh, ada baiknya segera menemui dokter.

5. Gangguan pencernaan dan kesulitan menelan

Jika tenggorokan sakit saat menelan makanan dan gangguan pada pencernaan secara terus menerus, tak ada salahnya untuk segera mengunjungi dokter. Karena boleh jadi itu adalah tanda penyakit kanker mulut, kerongkongan, perut atau tenggorokan.

6. Perubahan pada kutil atau tahi lalat

Moles atau tahi lalat yang mengalami perubahan dari segi warna dan ukuran harus segera di bawa ke spesialis, karena perubahan yang seperti ini adalah salah satu indikasi dari kanker kulit.

7. Perubahan suara

Jika biasanya suara kita tidak pernah serak, namun serak secara tiba-tiba dan itu dapat disebabkan oleh beberapa alasan salah satunya batuk. Jika suara serak tersebut tidak hilang selama empat minggu bisa jadi ini adalah tanda dari kanker papu-paru.

Tidak ada penyakit yang tak dapat disembuhkan. Akan tetapi, tetaplah waspada dan yang terpenting adalah menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Dengan upaya yang sungguh-sungguh dalam menjaga kesehatan, semoga Allah jauhkan kita dari berbagai macam penyakit.

Red: Ma’faza

Tags

Tinggalkan Balasan

Close
Close