KESEHATAN

Ternyata, Kurang Paparan Sinar Matahari Buat Berat Badan Naik

SI Online – Paparan sinar matahari akan memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D. Vitamin D sendiri penting dalam tubuh kita untuk menjaga fungsi berbagai organ dan jaringan tubuh. Kekurangan vitamin D sendiri dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Agar tak terjadi pada kita, kenali tanda kekurangan vitamin D berikut ini, sebagaimana dilansir Brightside.

1. Tulang Lemah
Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan kedua nutrisi penting ini akan membuat tulang kita rapuh. Selain membuat tulang rapuh, kekurangan vitamin D juga bisa melemahkan otot, rakhitis, osteomalasia atau kelainan tulang, dan osteoporosis.

2. Perubahan Struktur Tulang
Masih terkait tulang, kurangnya vitamin D juga memicu perubahan struktur tulang. Akibatnya, akan terasa sakit terutama di kaki dan sendi.

3. Kanker Usus Besar
Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya paparan sinar matahari yang membuat kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh dapat memicu perkembangan kanker usus. Sebab, produksi vitamin D yang kurang akan memicu pertumbuhan sel kanker. Seharusnya, kadar vitamin D yang baik adalah setidaknya minimal 30 nanogram per milimeter darah.

4. Depresi
Kehidupan yang semakin modern membuat kita lama berkegiatan di depan komputer. Itulah sebabnya tak sedikit orang yang tergesa-gesa hadir di kantor dan menghindari paparan sinar matahari. Padahal, sinar matahari juga berfungsi untuk memperbaiki mood kita.

5. Masalah Kulit
Psoriasis adalah kelainan pada sistem imun tubuh kita, yang bisa diimbangi dengan asupan vitamin D. Paparan sinar UV-B adalah cara efektif untuk merawat psoriasis, jerawat, dan gangguan kulit lainnya. Namun, tetap harus hati-hati bila berjemur di bawah sinar UV karena bisa meningkatkan risiko melanoma terutama pada pasien psoriasis.

6. Berat Badan Naik
Lemahnya otot, sakit tulang, dan kelainan bentuk tulang akan membuat kita lebih susah untuk beraktivitas serta berolahraga. Selain itu, vitamin D serta hormon leptin akan bekerja untuk mengontrol berat badan tubuh. Demi meningkatkan produksi vitamin D, kita bisa memanfaatkan sinar matahari serta menerapkan pola makan yang sehat.

7. Gangguan Kognitif
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gangguan kognitif dan demensia adalah akibat terbesar kurangnya vitamin D. Pada penelitian lain yang melibatkan 60.000 orang, ditemukan bahwa orang yang tinggal di belahan bumi utara mengalami risiko demensia dibanding mereka yang tinggal di belahan bumi selatan.

Ternyata penting kan paparan sinar matahari. Mulai sekarang, sempatkan barang beberapa menit untuk merasakan hangatnya matahari pagi sebelum memulai beraktivitas. Badan sehat, berkerja pun semangat.

Red: Farrah Abdillah

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close