INTERNASIONAL

Anies Baswedan Dipanggil Super Gubernur di Universitas Hasan II Maroko

Casablanca (SI Online) — Gubernur Anies Baswedan disebut dengan istilah Super Gubernur oleh salah seorang mahasiswa di Universitas Hasan II Casablanca,  Maroko, Kamis (19/4) waktu setempat.

Ungkapan tersebut diucapkan salah seorang mahasiswa. Dia mengatakannya pada sesi pertanyaan saat Anies menjadi pembicara pada kuliah umum. “Super Gubernur, jarang ada akademisi yang jadi gubernur. Mau berkolaborasi dengan masyarakat dan tidak takut bertemu dengan akademisi,” kata mahasiwa itu dengan logat Prancis.

Anies lantas mengucapkan terima kasih. Dia juga berharap di Maroko memiliki pemimpin yang seperti itu. “Saya mengajak mahasiswa di Maroko untuk belajar di Jakarta atau melakukan pertukaran profesor,” kata Gubernur.

Selain itu, Anies juga menyampaikan paparan soal smart city yang kaitannya dengan evolusi kota 4.0.  Bahkan saat dia menyampaikan paparan antusias para civitas akademika Universitas Hasan II berinteraksi langsung dengan bertanya.

Esensinya smart city membawa kota sebagai penyedia pelayanan publik menjadi kota yang melibatkan warga yang berkolaborasi. Dari City 2.0, menjadi City 4.0.

Selama sepekan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja ke Maroko dan Istanbul. Kunjungan kerja Anies dimulai dengan mengunjungi Casablanca, Maroko tanggal 17 hingga 19 April, dan berlanjut ke Istanbul pada 19 hingga 21 April.

Dilansir dari laman ppid.jakarta.go.id, tujuan kunjungan Anies di Casablanca adalah untuk memenuhi undangan Walikota Casablanca Mr Abdeelaziz OMARI dalam rangka berpartisipasi pada “The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018.

Dalam kunjungan bilateral itu, Anies membahas peningkatan hubungan Sister City Jakarta-Casablanca dan membicarakan berbagai macam fokus bidang kerja sama.

Diantaranya membahas pertukaran tenaga ahli bidang teknologi informasi, pemberian pelatihan pemadam kebakaran “Fire and Rescue” kepada pegawai pemadam Casablanca.

Selain itu, akan ada ajang promosi seni budaya dan pariwisata kedua kota dan partisipasi Qori/Qoriah Jakarta pada MTQ Internasional di Casablanca.

Setelah berkunjungan ke Casablanca, di Istanbul, Anies direncanakan memenuhi Undangan Walikota Istanbul, Mevlut Uysal dan sebagai bentuk hubungan sister city kedua yang telah dijalin sejak tahun 2007.

Anies Baswedan juga direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral untuk membahas penguatan persahabatan kedua kota dan pengembangan kerja sama kedua kota.

Dengan Walikota Istanbul, Anies akan membahas persoalan terkait pengelolaan air bersih dan limbah, manajemen fasilitas sosial hingga promosi kepariwisataan.

Di hari terakhir kunjungannya di Istanbul, Anies direncanakan melakukan pertemuan dengan Kantor Pengelola Grand Bazaar Istanbul. Hal itu bertujuan untuk memperoleh informasi dan pengalaman dalam penataan KUKM dan sebagai kawasan terpadu dengan objek wisata kota Istanbul.

Sumber : Ant/Tribunews

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Close
Close