INTERNASIONALKABAR

Anwar Ibrahim Akhirnya Bebas

Mahathir Temui Anwar Bahas Kabinet

Kuala Lumpur (SI Online) — Politikus senior Malaysia yang juga Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) Datuk Seri Anwar Ibrahim Rabu 16 Mei resmi bebas dari hukuman penjara yang dia jalani selama lima tahun di Penjara Sungai Buloh.

Dilansir Antara (16/5), Anwar Ibrahim keluar dari Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras, tempat dia selama ini menjalani perawatan, pukul 11.30 tanpa memberikan pernyataan apa pun kepada puluhan media nasional dan internasional yang sudah menunggunya.

Belasan polisi dan petugas penjara mengawal ketat keluarnya Anwar dari rumah sakit. Puluhan fotografer mengejar Anwar yang sudah masuk ke rumah sakit hingga ke pintu gerbang keluar rumah sakit.

Anwar yang ditemani istrinya Wakil Perdana Menteri Dr Wan Azizah Wan Ismail kemudian menuju Istana Negara untuk bertemu dengan Yang Mulia Seri Paduka Baginda Yang Dipertuan Agong XV Sultan Muhammad V.

Sebelumnya Menteri Besar Selangor dari PKR yang baru dilantik Datuk Azmin Ali terlihat di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras dengan membawa surat pengampunan dari Agong atau Raja yang diberikan ke Anwar Ibrahim.

Datuk Pengelola Bangsawan Diraja Dato` Wan Ahmad Dahlan B Hj AB Aziz, melalui siaran pers, mengatakan pengampunan penuh kepada Datuk Seri Anwar Ibrahim telah diberikan dalam Pertemuan Lembaga Pengampunan Bagi Wilayah-Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Labuan dan Putrajaya yang ke-51 pada (16/5).

Mahathir Temui Anwar  Bahas Kabinet
Beberapa jam setelah mengumumkan kabinet baru Malaysia, Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad menggelar pertemuan dengan mantan musuhnya yang berubah menjadi sekutu, Datuk Seri Anwar Ibrahim.

Pertemuan yang digagas para pemimpin koalisi Pakatan Harapan itu disebut-sebut membahas penunjukkan menteri untuk tujuh posisi kabinet yang belum diisi.

Pertemuan itu digelar di Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras di mana Anwar mendapatkan perawatan, kemarin malam. “Saya dapat memastikan bahwa perdana menteri mengadakan pertemuan dengan Anwar pukul 5 sore tetapi saya tidak tahu rinciannya karena saya tidak ikut membahasnya,” kata wakil presiden PKR Tian Chua yang turut hadir dalam pertemuan itu, seperti dikutip New Straits Times.

“Tujuan pertemuan ini tampaknya berkaitan dengan penunjukan para menteri kabinet baru Pakatan Harapan yang nama-namanya akan segera diumumkan.” Pertemuan itu juga dihadiri Menteri Keuangan Lim Guan Eng, Wakil Perdana Menteri Datuk Seri Dr Wan Azizah Wan Ismail, Menteri Besar Selangor Datuk Seri Azmin Ali, Wakil Presiden PKR Nurul Izzah Anwar dan anggota parlemen Zuraida Kamaruddin.

Kemarin Mahathir sudah mengumumkan menteri untuk pos-pos kunci menteri keuangan, menteri dalam negeri dan menteri pertahanan. Masih ada tujuh jabatan menteri yang lowong.

Sumber : Antara

 

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: