KESEHATAN

Begini Cara Bedakan Kaki Keseleo atau Patah Tulang

SI Online – Sebagian besar orang tak jarang langsung pergi ke tukang urut ketika mengalami cedera pada kaki. Padahal, bisa jadi cedera yang dikira hanya keseleo sebenarnya patah tulang. Kaki keseleo dan patah tulang memang sama-sama membuat kaki menjadi sakit dan bengkak. Namun, cara penanganan keduanya sama sekali berbeda.

Penting diperhatikan, kaki yang patah tidak boleh diurut. Cara ini justru akan memperparah kondisinya. Jika sudah patah tulang, tentu saja hal yang harus dilakukan adalah berobat ke dokter ahli tulang (ortopeadi). Lantas, bagaimana membedakan kaki keseleo atau patah tulang?

Tanda Kaki Keseleo

Dilansir Hellosehat, umumnya keseleo terjadi akibat adanya ligamen (pita yang mengikat antara dua tulang) yang robek, terlalu tertarik, atau terpelintir, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Terpelintir atau robeknya ligamen ini disebabkan adanya tekanan dan paksaan pada sendi, misalnya saja usai melakukan aktivitas fisik yang berat, terjatuh, atau tidak sengaja terpelintir kakinya saat berlari.

Selain rasa nyeri, tanda kaki keseleo lainnya adalah sebagai berikut:

Memar pada bagian yang terkilir
Timbul bengkak
Perubahan warna kulit di area yang keseleo

Jika ini yang dialami, maka benarlah kaki hanya keseleo. Pengobatannya cukup dengan mengistirahatkan kaki dan mengompres bagian yang bengkak dengan air dingin. Apabila masih merasa sakit, bisa juga dengan minum obat pereda nyeri.

Keseleo ringan hanya memakan waktu beberapa hari saja hingga sembuh total. Semakin parah kondisinya, maka butuh waktu yang lebih lama untuk sembuh. Bahkan bisa berminggu-minggu.

Tanda Patah Tulang Kaki

Meskipun sama-sama menimbulkan rasa nyeri dan bengkak, namun patah tulang memiliki gejala dan tanda yang jauh berbeda dengan keseleo biasa. Tanda dan gejala dari patah tulang adalah:

Saat jatuh, terasa atau bahkan terdengar bunyi ‘krek’
Rasa nyeri yang cukup parah, meski hanya disentuh dengan lembut
Bengkak pada bagian yang patah
Terasa baal atau mati rasa di area yang patah tulang
Memar
Sakit jika berjalan dan tak mampu mengangkat beban berat atau menopang beban tubuh sendiri

Obat penghilang rasa sakit bisa digunakan ketika merasa sangat kesakitan. Biasanya, pemulihan patah tulang membutuhkan waktu yang lebih lama. Umumnya sekitar 6 minggu hingga hitungan bulan, baru bisa berjalan seperti biasa. Dan sekali lagi, kaki yang patah jangan diurut atau dipijat sembarangan.

Apa akibatnya jika tulang yang patah diurut ke tukang pijat? Jika memang benar mengalami patah tulang, memijat bagian yang patah hanya akan membuat patahan semakin melebar dan dapat menyebabkan komplikasi parah yang dapat berakibat fatal. Bahkan bisa berisiko kehilangan anggota gerak yang terkait, seperti sindrom kompartemen (masalah kesehatan akut yang menyertai cedera-red).

Red: Ma’faza

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: