IBADAH

Begitu Istimewanya Lelaki yang Selalu ke Masjid Sejak Subuh

Banyak manusia yang menyepelekan urusan sederhana ini, apalagi ketika disibukan dengan urusan dunia. Suasana gelap, udara dingin, perut kenyang ditambah kantuk yang tidak bisa diajak kompromi semakin membuat malas melangkahkan kaki menuju mesjid walau jaraknya cuma beberapa meter saja dari rumah.

Melangkahkan kaki berpuluh kilometer mengelilingi pasar atau swalayan serasa ringan, pergi piknik ketempat yang jauh memerlukan biaya yang tidak sedikit mampu. Tapi, melangkahkan kaki kemesjid sungguh berat rasanya. Andai mereka tau tentang pahala yang diperolehnya tentu akan mereka lakukan walau dengan merangkak.

عن بُريدَة – رضي الله عنه – ، عن النبيِّ – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ : (( بَشِّرُوا المَشَّائِينَ في الظُّلَمِ إلى المَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ القِيَامَةِ)) رواه أبُو دَاوُدَ وَالتِّرمِذِيُّ .

Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan di dalam kegelapan menuju masjid-masjid, bahwa ia akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Daud, no. 561; Tirmidzi, no. 223. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Di hadits yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda: “Barang siapa yang berjalan menuju ke masjid (untuk shalat) dan pulang setelahnya maka Allah akan menyediakan rumah di surga untuknya, baik ketika pergi maupun pulang“. (HR. Ahmad)

Lihatlah betapa luar biasanya pahala yang Allah Ta’ala sediakan bagi hambanya yang mampu dan bisa melakukan amalan ini. Banyak yang ketika sehat jasmani mereka tinggalkan, namun ketika sakit justru malah lebih bersemangat untuk melakukannya. Jadi selagi Allah Ta’ala beri kesehatan, maka jangan sia siakan kesempatan ini.

Tidak ada satupun manusia yang tidak ingin dosa-dosanya Allah ampuni dan hapus, pasti mereka berlomba untuk mencari bagaimana caranya agar semua kesalahan dosa bisa terhapus. Rasulullah memberikan solusi untuk itu yaitu, berjalan menuju mesjid maka setiap langkahnya menghapus satu dosa dan langkah yang satunya mengangkat satu tingkat derajat untuknya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda: “Barang siapa bersuci dirumahnya lalu pergi ke masjid untuk menunaikan shalat yg telah Allah wajibkan kepadanya, maka setiap langkahnya menghapus satu dosa dan langkah yang satunya mengangkat satu tingkat derajatnya”. (HR. Muslim)

Di hadits yang lainnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda: “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dengannya Allah menghapus dosa dosa dan mengangkat derajat?” Para sahabat berkata, Tentu wahai Rasulullah. Maka Rasulullah pun bersabda: “Menyempurnakan wudhu pada saat saat yang tidak disukai (seperti disaat dingin), banyak melangkahkan kakinya menuju ke masjid dan menunggu shalat setelah shalat, itulah yang namanya ribath (mencurahkan diri dalam ketaatan)”. (HR. Muslim)

Apabila jarak tempuh antara rumah dan mesjid jauh dan semakin jauh, makan Allah Ta’ala sediakan pahala berlipat sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda:

“Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya didalam shalat adalah yang paling jauh dia berjalan menujunya. Maka orang yang paling jauh dan menunggu shalat sampai ia melaksanakannya bersama imam lebih besar pahalanya daripada orang yang shalat kemudian tidur”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka jika ingin mendapatkan kedudukan yang istimewa di sisi Allah Ta’ala dan selagi muda sehat badan jangan lewatkan kesempatan emas ini, raih pahala shalat berjamaah di masjid.

Semoga Allah Ta’ala memudahkan dan meringankan langkah kaki kita menuju mesjid untuk melakukan shalat berjamaah lima waktu.

Wallahu a’lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close