INTERNASIONAL

Dilantik Jadi Menlu AS, Mike Pompeo Langsung Kunjungi Saudi dan Israel

Washington (SI Online) – Mike Pompeo, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) yang baru, dilaporkan akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi, Israel, dan Yordania. Salah satu agenda yang akan dibawa Pompeo adalah ancaman yang ditimbulkan Iran.

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pompeo ini dilakukan hanya satu hari setelah dia disahkan oleh Senat AS sebagai Menlu baru. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert, tidak pernah ada Menlu AS yang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, sehari setelah dia dilantik.

“Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, berencana untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi, Yordania dan Israel pada akhir pekan, setelah dia berhenti di Brussels untuk pertemuan NATO,” kata Nauert.

“Tidak ada Menlu lain dalam sejarah belakangan ini yang melakukan perjalanan secepat yang dia lakukan,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (27/4).

Nauert menuturkan, Di Brussels, Pompeo akan menghadiri pertemuan para menteri luar negeri NATO dan bertemu dengan para diplomat top dari Turki dan Italia. Pompeo berencana untuk terus menekan anggota NATO di Eropa, terutama Jerman, untuk memenuhi janji mereka di masa lalu untuk meningkatkan pembelanjaan pertahanan mereka.

Dari Brussels, Pompeo berencana untuk terbang ke Timur Tengah untuk mengunjungi Saudi, Israel dan Yordania, di mana masa depan kesepakatan Iran dan konflik di Suriah akan menjadi agenda utama kunjungan itu.

sumber: sindonews.com

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker