INTERNASIONALKABAR

Forum Trilateral Ulama Lahirkan Deklarasi Bogor untuk Perdamaian

Bogor (SI Online) — Forum Trilateral Ulama Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia yang diadakan di Istana Bogor pada Jumat (11/5) melahirkan deklarasi bertajuk “Bogor Ulema Declaration for Peace”.

Dilansir Anadolu (11/5), deklarasi dibacakan secara bergantian oleh perwakilan para ulama yakni Ataullah Lodin dari Afghanistan, Quraish Shihab dari Indonesia, dan Qibla Ayaz dari Pakistan.

Dalam deklarasi tersebut, ulama ketiga negara sepakat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perdamaian di Afghanistan dan menyerukan kepada semua pihak untuk terlibat dalam perundingan damai.

“Musyawarah damai diabadikan kitab suci Al Quran dalam Surat Asy Syura sebagaimana dijelaskan dalam ayat ke-38 bahwa perundingan adalah salah satu ciri orang beriman,” tulis deklarasi tersebut.

Selain itu, Deklarasi Bogor juga menyatakan bahwa para Ulama negara-negara Muslim, khususnya Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia dapat memainkan peran aktif untuk mempromosikan perdamaian dan solidaritas di dunia Islam, khususnya di Afghanistan.

Para ulama juga menegaskan bahwa kekerasan dan terorisme tidak dapat dan tidak boleh dikaitkan dengan agama, bangsa, peradaban, atau kelompok etnis apapun karena hal tersebut bertentangan dengan ajaran Islam.

“Ekstremisme dan terorisme dalam segala bentuk, termasuk kekerasan terhadap warga sipil dan serangan bunuh diri, bertentangan dengan prinsip-prinsip kesucian Islam,” tegas para ulama dalam deklarasinya.

Wapres Tutup Pertemuam Tralateral Ulama
Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menutup pertemuan trilateral ulama Afghanistan, Indonesia, dan Pakistan yang diadakan di Istana Bogor, Jawa Barat, guna membahas proses perdamaian di Afghanistan.

Dalam pidatonya, Wapres Kalla mengatakan Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia bertanggung jawab membantu mewujudkan perdamaian di Afghanistan dan Pakistan.

“Indonesia turut merasakan kesedihan rakyat Afghanistan dan Pakistan. Pemerintah dan rakyat Indonesia terus membantu perjuangan saudara kita kaum Muslimin di Afghanistan dan Pakistan,” ujar Kalla.

Forum trilateral ulama ini menyepakati adanya pesan perdamaian bertajuk “Bogor Ulema Declaration of Peace’.

sumber : Anadolu

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: