DAERAH

Griya Tahfiz Al Bukhari Bogor Gelar Program Masdarling

Bogor (SI Online) – Griya Tahfiz Alquran Al Bukhari bekerjasama dengan Yayasan Bidik Global dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor mengadakan penyuluhan “Masjid Sadar Lingkungan” (Masdarling) di Ponpes Al Bukhari Kalimurni Bogor, Rabu (25/4).

Koordinator Masdarling Pepi Riadi mengatakan, program Masdarling tidak hanya khusus untuk masjid tetapi bisa juga bagi pesantren dan majelis taklim. “Karena ketiganya komunitas yang sama,” jelasnya.

Selain penyuluhan berupa teori seputar program Masdarling, peserta penyuluhan yang sebagian besar adalah santri Ponpes Al Bukhari diajari untuk membuat biopori di sekitar lingkungan ponpes.

“Lubang resapan biopori ini untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah,” jelas Pepi.

Setelah itu, kata Pepi, lubang tersebut akan diisi dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah.

Selain biopori, program Masdarling lainnya adalah membuat Water Bank yaitu sarana penampungan air hujan untuk keperluan bersuci.

Lalu Urban Farming yaitu pemanfaatan lahan atau halaman masjid dengan berbagai jenis tanaman, kolam ikan dan lainnya. Kemudian ada sistem pembuangan dan pemilahan sampah. Lalu ada juga sedekah jelantah, limbah yang diproses sehingga bermanfaat dan dapat membantu logistik progran sebelumnya.

Dengan program Masdarling ini, diharapkan masjid atau ponpes menjadi garda terdepan dalam aksi sadar lingkungan untuk tercapainya masjid beserta jamaah disekitarnya yang sadar serta berbudaya lingkungan hidup.

red: adhila

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close