INTERNASIONAL

Gubernur Rasa Presiden, dari Casablanca ke Turki Gubernur Anies Disambut Presiden Erdogan

Istanbul (SI Online) -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan kunjungan dari Maroko ke Turki. Anies bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan sempat menunaikan salat Jumat bersama.

“Diawali dengan bertemu dan berbincang dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, lalu bersama-sama menunaikan salat Jumat di Masjid Ayyub al-Anshari (Eyup Sultan). Presiden Erdogan mengajak saya salat persis di sampingnya. Saya berdiri diapit beliau dan Menteri Energi Berat Albayrak di saf terdepan,” kata Anies dalam akun Instagram-nya seperti dilihat detikcom, Jumat (20/4/2018) malam.

Dalam foto-foto yang diunggah Anies, keduanya bersalaman dan berjalan beriringan. Anies dan Erdogan sama-sama memakai jas hitam, tapi hanya Anies yang memakai peci di kepalanya.

Anies juga memberi penjelasan tentang masjid tempat mereka salat. Dia menyebut masjid itu dibangun tak lama setelah Konstantinopel ditaklukkan. “Masjid ini dinamai dari salah seorang sahabat Rasulullah SAW, yaitu Abu Ayyub al-Ansari ra, yang juga dimakamkan di kompleks yang sama. Masjid ini dibangun tahun 1458, hanya lima tahun sesudah penaklukan Konstantinopel oleh Muhammad al-Fatih,” lanjutnya dalam keterangan foto.

Seusai salat Jumat, Anies bersama Erdogan melakukan ziarah dan zikir. Dia berharap momen itu menjadi awal yang baik dalam kunjungannya ke Turki. “Semoga menjadi awalan yang baik bagi berbagai agenda kunjungan di Turki selama beberapa hari ke depan. Sesudah salat kami lalu ziarah dan dzikir berdampingan bersama selama lebih dari satu jam,” imbuhnya.

Anies terbang ke Casablanca, Maroko, pada Senin (16/4) malam. Ia datang ke kota itu untuk memenuhi undangan Wali Kota Casablanca Abdelaziz El Omari dalam rangka berpartisipasi dalam ‘The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018’.

Sedangkan di Turki, Anies dijadwalkan menjalani sejumlah agenda, di antaranya memenuhi undangan Wali Kota Istanbul Mevlüt Uysa hingga kunjungan lapangan ke ISKI (Istanbul Water & Waste Management). Dia juga akan melakukan pertemuan dengan Tesisleremiz atau Department of Support Services atau Social Facilities, yaitu dinas atau BUMD Istanbul yang menangani fasilitas sosial atau KUKM. Anies juga dijadwalkan ke KJRI Istanbul untuk bertemu dengan pelajar Indonesia di Turki.

Banyak komentar warganet atas kunjungan Gubernur Anies Baswedan ke Turki ini. Salah satunya dari aktifis Muhammadiyah :  “Ngobrolnya nyambung, Gak plonga plongo, pemimpin Muslim ya begini”.. Warganet lainnya menyatakan : “Gubernur rasa Presiden,…  berwibawa, .. berkharisme”, ujar @ramini_munaim, sementara @niklatul_ himah mengatakan : “Masha Allah… ini namanya calon presiden impian saya dari dulu  Pak @aniesbaswedan emg pemimpin paling keren deh ! Ini Gubernur rasa PRESIDEN … sehat selalu pak”…

sumber : detik/portalislam

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker