SURAT PEMBACA

Istiqomah Ibadah Setelah Ramadhan

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat, bulan Ramadhan yang penuh keberkahan dan ampunan kini pergi meninggalkan kita. Bulan Ramadhan yang agung nan mulia kini berlalu sudah.

Seperti ada sesuatu yang hilang, karena suasana diluar Ramadhan pasti akan terasa berbeda.

Semangat ibadah yang sudah kita lakukan selama dalam madrasah puasa tidak harus sirna bersama berakhirnya bulan Ramadhan ini. Semoga selama dalam madrasah puasa selama sebulan penuh Allah SWT memberikan pengampunan kepada kita. Dengan memohon sungguh-sungguh kepada Allah SWT agar diterima semua amal kebaikan yang kita lakukan dibulan yang penuh berkah dan ampunan serta berdoa agar kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan dalam keadaan hati kita dipenuhi dengan keimanan dan pengharapan akan ridhoNya.

Semoga kita tidak termasuk golongan orang-orang yang celaka karena tidak mendapatkan ampunan Allah SWT. Sebagaimana dalam sebuah hadist.

رَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَىَّ وَرَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَهُ وَرَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ أَدْرَكَ عِنْدَهُ أَبَوَاهُ الْكِبَرَ فَلَمْ يُدْخِلاَهُ الْجَنَّةَ

Sungguh sangat terhina dan rendah seseorang yang disebutkanku, lalu dia tidak bershalawat atasku. Sungguh sangat terhina dan rendah seseorang yang datang kepadanya Ramadhan kemudian bulan tersebut berlalu sebelum diampuni untuknya (dosa-dosanya). Sungguh sangat terhina dan rendah seseorang yang mendapati kedua orangtuanya lalu keduanya tidak memasukkannya ke dalam surga.” (HR. Tirmidzi)

Rasulullah Saw pun menjelaskan tentang orang-orang yang hanya mendapat lapar dan dahaga saja di bulan Ramadhan.

Betapa Banyak orang berpuasa tapi tidak mendapat (pahala) apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar, dan betapa banyak orang yang sholat malam (tarawih) tapi tidak mendapatkan apa-apa selain begadang saja”. (HR An-Nasai)

Walau suasana diluar bulan Ramadhan berbeda akan tetapi semangat ibadah harus tetap di jaga. Berikut tips agar bisa Istiqomah walau Ramadhan sudah berakhir :

1. Menuntut ilmu

Ramadhan mengajarkan kita untuk semangat beribadah dan beramal shalih. Maka, pasca Ramadhan ini diharapkan kita mampu mempertahankan ibadah dan amal shalih kita baik secara kualitas maupun kuantitas dengan senantiasa menuntut ilmu agar dengan ilmu amal ibadah kita di terima Allah SWT.

2. Membiasakan berpuasa sunnah

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan keutamaan puasa sunnah sebagai berikut: “Maukah kutunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai,…” (HR. Tirmidzi).

Puasa dalam hadits ini merupakan perisai bagi seorang muslim baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, puasa adalah perisai dari perbuatan-perbuatan maksiat, sedangkan di akhirat nanti adalah perisai dari api neraka. Puasa sunnah yang dapat dilakukan misalnya, puasa syawal, puasa ayyamul bid, puasa senin/kamis, puasa arofah, puasa asyura, puasa sya’ban atau puasa daud.

3. Senantiasa menjaga lisan

Ramadhan itu mengajarkan akhlak yang mulia. Di bulan yang mulia tersebut kita diajarkan untuk tidak melakukan perbuatan tercela seperti dusta dan banyak mencela.

4. Gemar Bersedekah

Ramadhan mengajarkan kita untuk berbagi dengan sesama, terutama bagaimana besarnya pahala bersedekah.
Perumpamaan orang yang menginfakan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai yang pada tiap-tiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah [2]: 261).

5. Menjalin silaturahmi

Menyambung silaturahmi merupakan suatu amal shaleh yang penuh berkah, memberikan kepada pelakunya kebaikan di dunia dan akhirat, menjadikannya ia dicintai Allah SWT di manapun ia berada.

Menyambung silaturahmi adalah bentuk ketaatan kepada Allah SWT, serta petunjuk untuk hamba kepada Rabb-Nya supaya bertaqwa, supaya seorang hamba menyambung tali silaturahmi tatkala Allah SWT memerintahkan untuk menyambung hubungan silaturahmi,

Itulah tips agar kita bisa Istiqomah melanjutkan amalan ibadah sesudah Ramadhan. Semoga kita termasuk orang yang di beri pengampunan oleh Allah SWT dan termasuk golongan orang-orang yang Istiqomah.

Wallahu a’lam bishowab.

Ummu Faza El-Kenzo

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Close
Close