NASIONAL

Kuatkan Komitmen Kebangsaan, Parmusi Adakan Upacara 17 Agustus

Jakarta (SI Online) – Momentum peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dimanfaatkan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) untuk menguatkan komitmen kebangsaan. Caranya, dengan menggelar Upacara 17 Agustus di halaman Kantor PP Parmusi di Jalan Sagu, Kebagusan, Jakarta Selatan, Jumat pagi 17 Agustus 2018.

Upacara 17 Agustus diikuti sekitar 50 orang laskar Parmusi sebagai peserta dan dihadiri sejumlah pengurus pusat, seperti Sekjen Parmusi Abdurrahman Segaf dan Ketua DPP Parmusi Syafruddin Anhar. Bertindak sebagai inspektur upacara Ketua Umum Parmusi H Usamah Hisyam.

“Ini komitmen kebangsaan kita, Parmusi, kepada NKRI dan Pancasila. Karena Pancasila adalah nilai yang harus kita jaga bersama,” ungkap Usamah saat menyampaikan amanat senagai inspektur upacara.

Namun demikian, komitmen kebangsaan itu, jelas Usamah, tidak boleh mengalahkan komitmen terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa sebagaimana sila pertama Pancasila. Apalagi, dalam pembukaan UUD 1945 juga disebutkan bila kemerdekaan yang diraih adalah atas berkat rahmat Allah.

“Kemerdekaan adalah atas perjuangan umat Islam, kyai, ulama dan aktivis pergerakan Islam. Atas berkat rahmat Allah, sehingga patut disyukuri,” kata Usamah.

Parmusi, sebagai ormas yang melanjutkan cita-cita perjuangan Masyumi, aka terus berjuang untuk mempertahankan NKRI.

“Kader Parmusi terdepan dalam membangun bangsa, membela negara. Parmusi sebagai pelanjut perjuangan Masyumi yang turut melahirkan NKRI akan terdepan dalam membela negara Indonesia,” tegasnya.

“Umat Islam harus bisa menerapkan syariat Islam sebagaimana sila pertama. Umat Islam harus melaksanakan nilai-nilai syariat Islam dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI,” tegas Usamah.

red: shodiq ramadhan

ARTIKEL TERKAIT

Close