INTERNASIONAL

Layang-layang Api Bakar Pertanian Yahudi

Gaza (SI Online) – Surat kabar Zionis Ma’arev dalam laporan yang dirilis hari Ahad (6/5/2018) mengatakan bahwa sekitar 5.000.000 meter persegi lahan pertanian terbakar akibat pesawat kertas atau layang-layang api yang diterbangkan dari Jalur Gaza ke arah permukiman-permukiman Yahudi sektiar Jalur Gaza.

Ma’arev menambahkan, fenomena “pesawat kertas” ini telah menjadikan penduduk permukiman-permukiman Yahudi dekat pagar pemisah dengan Jalur Gaza terbangun sepanjang waktu, terutama pada dua pekan yang lalu.

Surat kabar Zionis ini menjelaskan bahwa layang-layang yang terbuat dari nilon dan oleh orang-orang Palestina dibekali dengan botol berisi kain (kain yang dicelupkan ke dalam bensin), telah menyebabkan kerugian ekonomi yang serius pada tanaman pertanian, terlebih puluhan layang-layang tersebut diluncurkan setiap hari.

Layang-layang tersebut, tidak lama setelah diterbangkan jatuh di dekat wilayah perbatasan dan bisa membakar ladang gandum yang berada pada kilometer pertama dari pagar perbatasan.

Diperkirakan orang-orang Palestina telah membakar 5.000.000 meter persegi hutan dan lahan pertanian melalui layang-layang tersebut. Di permukiman Berri saja layang-layang Palestina telah membakar 600 ribu sampai 800 ribu meter persegi ladang gandum.

Sejak peluncuran pawai kepulangan akbar, para pemuda Palestina menjadikan layang-layang sebagai sarana baru dalam perlawanan rakyat, yang menyebabkan kebakaran luas di lahan pemukim Yahudi di sekitar Jalur Gaza.

sumber: infopalestina

Tags

ARTIKEL TERKAIT

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close