SIRAH NABAWIYAH

Melihat Isi Buku Betapa Romantisnya Rasulullah

Bogor (SI Online) – Di dalam surat Al Ahzab ayat 21, Allah SWT berfirman: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.”

“Sosok Nabi Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam memberikan keteladanan kepada kita dari berbagai sisi. Dari sisi beliau seorang pengusaha dimana kita bisa belajar berdagang dari beliau, sebagai ahli politik untuk kita belajar masalah politik. Dan kita bisa belajar juga dari Rasulullah untuk mengatur bagaimana cara mengatur keluarga yang baik dan harmonis,” ujar pegiat sejarah Islam Ustaz Hepi Andi Bastoni dalam sebuah kajian di Masjid Alumni IPB Kota Bogor.

Terkait masalah keluarga, Ustaz Hepi membuat buku dengan judul “Betapa Romantisnya Rasulullah”. Alasan kenapa buku ini diterbitkan untuk melihat sosok Rasulullah dari keluarganya. Maka dalam judul kecilnya ada tulisan “Lebih Dekat Dengan Rasulullah dan Keluarganya”. Di buku ini ditulis juga mengenai bagaimana kisah keluarga Nabi Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam.

“Alasan kedua kenapa buku ini ditulis bahwasanya fakta di lapangan banyaknya kasus keluarga-keluarga yang bermasalah karena ketidakharmonisan dalam menjalin hubungan rumah tangga. Bahkan karena handphone pun sebuah keluarga menjadi tidak harmonis bahkan bisa terjadi miskomunikasi. Hal ini mungkin saja kita alami. Keutuhan dalam keluarga itu sangatlah penting,” kata Ustaz Hepi.

Ia menjelaskan, keluarga adalah batu bata bagi bangunan kejayaan suatu peradaban. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim ayat 6)

Bahkan Umar bin Abdul Aziz mengatakan, “Barangsiapa yang tidak bisa mengurus keluarganya, bagaimana ia akan bisa mengurus negara.” Inilah kenapa kita harus menggali inspirasi dan hikmah dari kehidupan Rasulullah terutama dari sisi keluarganya. Dan sisi terpenting dari tercipta keluarga yang harmonis adalah terciptanya hubungan yang baik antara suami dan kstri untuk menggapai keluarga sakinah, mawadah, dan rahmah.

Menurut Ustaz Hepi, buku ini terdiri dari tiga bab besar. Bagian pertama mengenal kepribadian Rasulullah dari nasabnya, akhlaknya, dan bagaimana ciri fisik Rasulullah. Bagian kedua diuraikan mengenai hikmah pernikahan Rasulullah dengan biografi istri-istri beliau dari kesepakatan ulama yang berjumlah sebelas maupun sisa dua istri lagi yang masih menjadi perbedaan pendapat para ulama.

Ia menegaskan, di sini Rasulullah melakukan pernikahan bukan atas dasar ambisi biologis dengan bukti mayoritas istrinya adalah janda. Bahkan demkian pula dengan istri-istri lain yang dinikahinya dari kalangan musuh maupun budak untuk menyelesaikan urusan politik dan dakwah. Dari bab kedua ini juga ada sub bab ulasan mengenai putra-putri Rasullah beserta keturunan-keturunan beliau. Dan terakhir bab ketiga adalah inti dari buku ini yaitu mengenai betapa romantisnya Rasulullah yang terdapat 26 hadits shahih yang diuraikan dan dipilih sedemikian rupa yang memaparkan jenak-jenak romantisme dalam kehidupan Rasulullah.

Menjadi kewajiban seorang muslim untuk menyampaikan ilmu mengenai kehidupan Rasulullah sehingga kita dapat petik bersama hikmah-hikmah dari kehidupan mulia Rasulullah. Dalam karya ini, Ustaz Hepi Andi Bastoni selain menyajikan sisi-sisi romantis kehidupan Rasulullah, beliau juga ingin meluruskan pandangan negatif sebagian kalangan terhadap pernikahan Rasulullah dengan beberapa wanita. Buku setebal 294 halaman bisa dipesan melalui kontak WA 08170194560.

rep: iqbal

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA

Close
Close