NASIONAL

Menang atau Kalah, Susah atau Senang, Pemimpin Harus Selalu Bersama Umat

Jakarta (SI Online) – Ustaz Bachtiar Nasir mengingatkan kepada para tokoh atau pemimpin umat agar berhati-hati dalam mengambil keputusan politik. Pasalnya, jika sikap politik seorang tokoh atau pemimpin umat ternyata berseberangan dengan kehendak umat, akan mudah terjadi tindak pem-bully– an yang memecah belah umat.

“Tokoh-tokoh ini sebenarnya diharapkan senantiasa bersama umat. Menang atau kalah, susah atau senang. Itu pikiran sederhana umat,” ungkap Sekjen MIUMI Ustaz Bachtiar Nasir saat dimintai tanggapannya terkait fenomena pem-bully-an terhadap salah satu ulama yang terang-terangan mendukung Jokowi, di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat sore 06 Juli 2018.

Dengan cara berpikir sesederhana itu, lanjut Bachtiar, umat akan menganggap sikap tokoh atau pemimpin berseberangan dengan mereka jika dalam “ijtihad politiknya” hanya berlandaskan kepentingan pribadi, kelompok atau daerahnya saja.

“Kalau umat melihat dari kemaslahatan secara keseluruhan. Dia tidak boleh menempatkan diri sebagai orang lokal daerah tertentu. Karena ceramahnya sudah seluruh Indonesia,” ungkap Direktur AQL Islamic Center itu.

Karena itu, menurut Bachtiar, jika umat marah atas keputusan politik tokoh atau pemimpin umat yang berseberangan dengan keinginan mereka maka hal itu dapat dimaklumi

“Kalau ada umat yang marah harus dimaklumi. Sebab umat sederhana saja, pemipinnya itu stand with ummah, menang atau kalah, susah atau senang. Itu yang harus diambil ibrah (pelajaran)-nya,” tambah dia.

Namun demikian, Bachtiar tetap berpesan kepada umat Islam, terutama mereka yang aktif menggunakan media sosial supaya memperhatikan etika.

“Aktivitas bermedia sosial yang terlalu gampang menuduh, bahkan menyerang tanpa etika. Kondisi seperti ini harus diredam dan dihentikan. Terbiasalah berkata baik atau diam, ber-nahi munkar sesuai kaidah inkarul munkar. Jangan sampai inkarul munkar tapi menimbulkan kemunkaran yang lebih besar,” pesan dia.

red: shodiq ramadhan

ARTIKEL TERKAIT

Close