NASIONAL

MUI akan Gelar Ijtima Ulama Komisi Fatwa ke-6 di Banjarmasin

Jakarta (SI Online) – Majelis Ulama Indonesia Pusat akan menggelar Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa ke-6 di Pesantren Al-falah, Kota Baru, Banjarmasin, Kalimatan Selatan. Ijtima rencananya akan dibuka pada Senin 7 Mei 2018 oleh Presiden Jokowi.

“Pertemuan ini menurut teorinya diadakan per-dua tahun sekali, untuk menghimpun ulama se-Indonesia guna membahas berbagai permasalahan keagamaan; terkhusus yang menyangkut masail qanuniyah atau perundang-undangan seperti hukum aliran kepercayaan, minuman beralkohol, penghapusan Kekerasan Seksual dan Pemidaan LGBT,” terang Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin dalam konferensi pers di Gedung MUI PUsat, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/04/2018).

Selain itu Ijtima ’Ulama ke-6 yang kan diselenggarakan di Kota Seribu Sungai itu juga akan membahas masail asasiyah wathaniyah (permasalahan bangsa dan negara) diantaranya tentang pemberdayaan ekonomi umat, politisasi agama, kewajiban umat Islam dalam membela negara dan tentang menjadikan prinsip-prinsip kerukunan sebagai pilar penguatan NKRI.

Tak luput juga dalam forum tersebut akan disinggung mengenai boleh tidaknya mendonorkan organ tubuh manusia, kandungan alkohol dalam obat dan penggunaan darah untuk bahan obat.

Rencananya, jtima Ulama akan dihadiri 1000 lebih peserta dari berbagai elemen Perguruan Tinggi, Pesantren, dan ormas Islam di Indonesia. Juga akan hadir sejumlah ulama dari negara sahabat seperti Malaysia, Palestina, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Rep: Latifa
Red: shodiq

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close