NASIONAL

Pesan Pak Natsir untuk Para Aktivis Islam

Jakarta (SI Online) – KH Syuhada Bahri adalah salah satu ulama yang pernah menyertai perjuangan seorang negarawan sekaligus Ulama Mohammad Natsir.

Dalam sebuah momen silaturahim dengan sesama ulama dan aktivis di Jakarta beberapa waktu lalu, Ustaz Syuhada memberikan nasihat berupa pesan dari Pak Natsir untuk para aktivis.

Kata dia, salah satu diantara nasihat Pak Natsir adalah para aktivis Islam harus memiliki tiga syarat dalam aktivitas perjuangannya.

“Yang pertama adalah menjaga niat. Kita hanya dituntut untuk berjuang sedangkan kemenangan itu karena Allah, oleh karena itu supaya Allah terlibat itu kita harus berjuang sesuai petunjukNya dan harus ikhlas,” jelas Ustaz Syuhada.

Kedua, para aktivis Islam harus tahu “pukul berapa sekarang”. “Artinya kita harus memahami kondisi keumatan, tahu segala seluk beluk yang terjadi dalam hidup kita,” ungkapnya.

Dan yang ketiga, lanjut Ustaz Syuhada, para aktivis harus berbenteng di hati umat. “Kita harus membangun kekuatan umat dengan berada di tengah-tengah umat,” tuturnya.

Dengan berada di tengah umat, aktivis Islam paham bagaimana kondisi umat dan bagaimana ikut membantu setiap permasalahan umat.

“Misalnya kalau ada kasus pemurtadan, itu jangan-jangan kita yang tidak menyapa saudara-saudara kita yang kesulitan sehingga disapa oleh pihak lain,” tandasnya.

red: adhila

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close