AKHLAK

Selain Bernilai Sedekah, Senyum Pun Mampu Atasi Stroke

Masih banyak diantara kita sesama muslim masih berat melakukan amal yang ringan tapi berdampak dan berkhasiat luar biasa. Selain mengandung unsur sedekah, senyumpun berdampak kepada kesehatan tubuh.

Karena sedekah tidak harus berupa ‎harta atau uang. Ada sedekah yang sangat mudah untuk kita lakukan, tanpa perlu banyak mengeluarkan ‎tenaga. Sedekah itu ialah “senyuman” hanya dengan sedikit ‎saja menarik wajah dan bibir sehingga menciptakan sebuah senyuman yang indah dan manis. ‎Rasulullah SAW bersabda,

‎تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

‎“Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi 1956, ia berkata: “Hasan ‎gharib”. Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih At Targhib).‎

Kalaupun kita sulit untuk memberikan senyuman, janganlah sampai menampakkan wajah yang masam ‎dan sinis. Tampilkan wajah yang indah, menyenangkan, dan menenangkan untuk dipandang, karena ‎menampakkan keceriaan wajah kepada saudara kita akan mendapatkan pahala sama seperti ‎pahala orang yang bersedekah. (Lihat kitab Tuhfatul ahwadzi 6/75-76).

Rasulullah SAW bersabda,‎

‎لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْق

‎“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu berupa cerahnya wajahmu ‎terhadap saudaramu.” (HR. Muslim no. 2626).‎

Sedekah senyum ternyata tidak hanya berdampak kepada nilai pahala namun mampu memberi dampak yang luar biasa kepada kesehatan tubuh.  Begitulah Allah Ta’ala melalui lisan Rasulullah SAW selalu memberi teladan yang membuat seluruh makhluk bisa mengambil manfaatnya didunia secara langsung.

Di dalam dunia kedokteran sering kita dengar zat yang bernama Beta Endhorphin. Zat ini mempunyai efek 200 X lipat lebih kuat dari Morphin yang digunakan sebagai obat bius atau Anastesi (penghilang rasa sakit) apabila seorang dokter ingin melakukan Operasi Bedah kepada seorang Pasien.

Ternyata zat tersebbut mampu menjadi Penyembuh Darah Tinggi dan pencegah Stroke dan Jantung ada dalam Tubuh kita. Pertanyaannya Bagaimana zat tersebut dapat membantu menyembuhkan Darah Tinggi dan Pencegah Stroke serta cegah penyakit Jantung Koroner?

Ternyata…
Hanya dengan Tersenyum, Organ Otak dengan otomatis mengeluarkan zat tersebut, 2 X lipat keluar lebih banyak bila tertawa, dan 3 X lipat keluar lebih banyak apabila seseorang melakukan suatu perbuatan baik yang dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah Ta’ala dan senyum ketulusan kepada orang lain.

Karena ketika Beta Endhorphin keluar, zat tersebut akan melancarkan peredaran darah dengan cara membuat pembuluh pembuluh darah berkontraksi atau melebar, sehingga dapat melancarkan aliran darah.
Subhanallah…

Luar Biasa…
Allah Ta’ala menciptakan Tubuh kita sekaligus dengan pelindung dari penyakit.

Yaa Allah…Terimakasih
Saya Bersyukur karena memiliki tubuh yang sempurna dan sehat Paripurna

Lalu Tunggu apalagi…ayoo berikan senyum tulus anda setiap hari kepada Orang Tua, pasangan, anak, dan sahabat anda. Selain membawa nilai pahala sedekah, sekaligus kita sudah memberikan efek terapi kesehatan pada tubuh kita.

Wallahu a’lam

Abu Miqdam
Komunitas Akhlaq Mulia

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker