KESEHATAN

Sering Radang Tenggorokan, Ini Cara Ampuh Mengobatinya

SI Online – Kita mungkin pernah mengalami, jenis penyakit yang bisa dikatakan bukan terkategori parah namun begitu mengganggu aktivitas. Ya, radang tenggorokan.

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering dialami ketika perubahan musim. Gejala awal penyakit ini ditandai dengan rasa tidak nyaman pada tenggorokan saat menelan sesuatu. Penyakit ini biasanya menjadi tanda awal dari flu.

Biasanya, penyakit ini muncul karena terlalu banyak mengonsumsi es saat cuaca panas. Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan tentu sangat mengganggu. Dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah cara agar sakit yang dirasakan tidak semakin parah:

Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara yang dapat meringankan sakit tenggorokan. Sejumlah hasil penelitian menyebutkan bahwa berkumur air garam dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir. Selain itu, air garam juga membunuh bakteri penyebab iritasi.

Caranya, campurkan satu sendok teh air garam dengan secangkir air hangat, aduk hingga larut. Gunakan ramuan itu untuk berkumur.

Minum Air Dingin

Kebanyakan orang beranggapan minuman dingin harus dihindari jika sedang menderita sakit tenggorokan. Padahal, minum air dingin merupakan salah satu cara menghilangkan rasa sakit di tenggorokan. Sebab, es dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

Hindari Buah Berasa Asam

Selama ini, banyak orang menganggap buah berasa asam seperti jeruk dan apel merupakan obat terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan. Padahal, kenyataannya rasa asam pada buah tersebut justru memperburuk kondisi. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi buah jika sedang menderita sakit tenggorokan.

Istirahat Cukup

Cara terbaik agar sakit yang diderita segera sembuh adalah beristirahat. Pastikan tubuh benar-benar beristirahat dari segala macam aktivitas yang melelahkan. Cobalah untuk tidur seharian di rumah agar kondisi segera pulih.

Diam

Memaksakan diri untuk terus berbicara saat tenggorokan sakit tentu sangat menyiksa. Jadi, sebaiknya lebih banyak diam saja dan menahan diri untuk tidak banyak berbicara. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Red: Farah Abdillah

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close