DAERAHKABAR

Sumur Minyak Ilegal di Aceh Timur Terbakar, 10 Orang Meninggal

Ranto Peureulak (SI Online) — Sumur pengeboran minyak yang dikelola masyarakat Desa Pasir Putih Kecamatan Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur, Propinsi Aceh, terbakar, Rabu (25/4) dini hari, sebagaimana dilansir Antara.

Informasi yang diperoleh dari warga sekitar, sekira pukul 00.30 WIB, salah satu sumur pengeboran tersebut menyemburkan minyak mentah hingga tumpah dipermukaan tanah.

Warga yang mengetahui luapan minyak itu, berdatangan ke lokasi guna mengumpulkan tumpahan minyak mentah ke dalam drum penampung. Tanpa diduga, ada percikan api sehingga dengan cepat membakar sumur dan menyambar ke segala penjuru yang sudah terlebih dahulu digenangi minyak mentah.

“Kejadiannya sekira pukul 02.00 Wib tadi. Sumur minyak yang terbakar berdekatan dengan rumah penduduk,” ujar Syahrizal warga sekitar. Ia tidak mengetahui persis kronologis terjadinya kebakaran. Namun informasi yang berkembang akibat percikan api saat seseorang pekerja melakukan pengelasan pipa yang akan dimasukan ke dalam sumur.

Informasi sementara yang dihimpun wartawan, terdapat 10 korban meninggal dunia dan puluhan lainnya menderita luka bakar. Korban luka bakar dilarikan ke Puskesmas Ranto Peureulak dan sejumlah rumah sakit seperti RSUD dr Zubir Mahmud, di Peudawa, RS Graha Bunda Idi, RS Sultan Abdul Aziz, Peureulak dan RSUD Kota Langsa.

Sedangkan lokasi kejadian masih sulit diakses karena kobaran api baru mereda setelah adzan subuh berkumandang. Demikian pula dengan kerugian atas musibah ini belum diketahui.

Belum ada pernyataan resmi dari pihak terkait tentang kejadian kebakaran yang merengut puluhan korban ini. Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Koncoro melalui Kapolsek Ranto Peureulak, Iptu Musa membenarkan terjadinya kebakaran sumur pengeboran minyak tersebut.

“Kita masih terus membantu korban dan nanti setelah usai didata seluruhnya akan diinformasikan kepada rekan-rekan media, mohon doa dan bersabar,” ucapnya. kobaran api hingga pukul 09.00 WIB, belum bisa dipadamkan, meskipun sejumlah mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan ke lokasi.

Sumber : Antara

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: