INTERNASIONAL

Warga Turki Gelar Aksi Solidaritas Palestina

Istanbul (SI Online) – Warga Turki tumpah ruah di Lapangan Yenikapi untuk mengikuti aksi solidaritas untuk Palestina, Jumat (18/5).

Mengusung tema “Mengecam Penindasan, Mendukung al-Quds [Yerusalem]”, demonstrasi ini digelar sebagai respon atas agresi Israel di perbatasan Gaza.

Sejumlah televisi layar besar juga dipasang di sepanjang lokasi aksi. Layar-layar tersebut diperuntukkan bagi massa untuk menyaksikan langsung panggung Presiden Recep Tayyip Erdogan dan para pemimpin dunia lainnya yang hadir.

Dalam aksi besar ini, bendera Turki dan Palestina didistribusikan kepada massa.

Sedikitnya 62 warga Palestina tewas dan lebih dari 3.000 lainnya luka-luka di Gaza pada Senin setelah pasukan Israel menembaki para demonstran yang memprotes peringatan 70 tahun berdirinya Israel — peristiwa yang disebut Nakba (malapetaka) oleh orang Palestina — dan memprotes peresmian Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Sejak awal aksi unjuk rasa di Gaza pada 30 Maret, sudah lebih dari 100 demonstran Palestina tewas akibat tembakan tentara Israel.

Pekan lalu, pemerintahan Israel mengatakan bahwa protes yang berlangsung merupakan “perang” sehingga hukum-hukum kemanusiaan internasional tak berlaku.

sumber: anadolu

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close