NASIONAL

1 Juli, Pertamina akan Edarkan Gas Elpiji Tiga Kilogram Non-Subsidi

Jakarta (SI Online) – PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan elpiji tiga kg nonsubsidi di pasaran per 1 Juli 2018. Elpiji ini disebut merupakan produk baru Pertamina yang menyasar golongan mampu.

Plt Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan, produk ini diluncurkan menanggapi adanya permintaan atau demand dari masyarakat mampu. Di mana, masyarakat mampu membutuhkan tabung dengan ukuran yang lebih kecil.

“Kita lihat ini ada demand maka kita sediakan. Karena masyarakat memerlukan itu,” kata Nicke di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 22 Juni 2018.

Ia menyebut, pemasaran elpiji 3 kg nonsubsidi ini dimulai pada 1 Juli 2018. Tidak ada proses penyaluran khusus untuk ini alias sama dengan tabung gas elpiji 12 kg.

“Ya dijual aja, tapi ini tidak subsidi, sama seperti tabung 12 kg,” katanya

Mengenai kisaran harga, Nicke masih bungkam meskipun sebelumnya pejabat Kementerian BUMN, sempat menyebut harganya di kisaran Rp39 ribu.

Yang jelas, sambung Nicke, pihaknya telah mendapatkan izin dari Pemerintah untuk hal ini. “(Harga) Belum, nanti,” katanya.

Nicke juga memastikan tidak ada pengurangan volume penjualan tabung gas elpiji 3 kg bersubsidi. Sebab, itu diperuntukkan masyarakat miskin.

“Enggak (dikurangi). Karena kan gini, sebetulnya ada orang yang memerlukan 3 kg tapi mereka tidak perlu subsidi, mungkin seperti yang di apartemen. Dia ngapain beli yang besar. Karena demand ada maka kita siapkan,” kata dia.

sumber: viva.co.id

ARTIKEL TERKAIT

Close