INTERNASIONAL

140 Ribu Muslim Padati Festival Idul Fitri Birmingham

Birmingham (SI Online) — Jutaan umat Muslim di seluruh dunia kini tengah merayakan hari raya Idul Fitri. Beragam cara dilakukan untuk menyambut hari kemenangan salah satunya dengan menggelar bazar seperti yang diadakan di Birmingham, Inggris. Kendati di Eropa kaum Muslim merupakan golongan minoritas, hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk mengadakan acara besar-besaran memperingati Idul Fitri.

Dilansir dari BBC, Birmingham pada Jumat (15/6) menjadi tuan rumah acara Festival Idul Fitri yang didatangi oleh Muslim dari seluruh Eropa. Tak kurang 140 ribu orang memadati Small Heath Park Birmingham untuk berbaur bersama Muslim dari berbagai negara merayakan Idul Fitri.

Tahun ini adalah tahun ketujuh diselenggarakannya Festival Idul Fitri yang diorganisir oleh Green Lane Masjid and Community Centre (GLMCC). Setiap tahun festival semakin meriah dan tahun ini mencatatkan rekor pengunjung terbanyak sejak pertama dihelat. Tahun lalu berdasarkan data GLMCC, ada 106 ribu pengunjung yang datang ke festival serupa.

Selain bazar, di tempat tersebut juga diselenggarakan sholat Ied.”Festival ini semakin besar dari tahun ke tahun,” kata Muslim asal Swedia yang tinggal di Birmingham, Nordin Tejeur. Semua orang terlihat antusias dan gembira menghadiri acara tersebut.Di tengah festival, sebuah keluarga dari Yardley, Birmingham, tampak asyik menikmati es berbentuk pohon palem.

Selama tiga hari, pengunjung dimanjakan dengan stand-stand makanan, minuman, hingga aneka wahana permainan. “Kami sudah bekerja berbulan-bulan dengan lima masjid lokal serta Human Appeal selaku partner filantropi. Kami mengorganisir komunitas agar bisa menikmati Festival Idul Fitri,” demikian diungkapkan juru bicara GLMCC.

“Perayaan ini adalah salah satu perayaan terpenting dalam kalender Islam dan merupakan kesempatan bagi kami untuk bersatu dalam kedamaian,” imbuhnya. Saat perdana digelar pada 2011, festival ini dihadiri oleh 12 ribu pengunjung. Artinya jumlah pengunjung tahun ini melonjak berkali-kali lipat dibandingkan dulu ketika pertama kali diselenggarakan.

“Kami terharu dengan banyaknya orang dari berbagai kepercayaan yang sengaja jauh-jauh datang ke Birmingham untuk merayakan Idul Fitri,” kata sang juru bicara.

Perayaan Idul Fitri tidak hanya berlangsung di Birmingham. Pada saat yang bersamaan, ribuan orang untuk pertama kalinya berkumpul di Albert Park di Middlesbrough untuk merayakan hari kemenangan. Pemandangan serupa juga terjadi di Bristol.

Sumber: Republika.co.id

 

ARTIKEL TERKAIT

Close