INTERNASIONAL

Anwar Ibrahim Menangi Pemilihan Parlemen Malaysia

Kuala Lumpur (SI Online) — Politisi Malaysia Anwar Ibrahim telah memenangkan kursi parlemen Malaysia dalam Pemilu Sela yang digelar Sabtu (13/10).

Demikian Aljazeera memberitakan.

Kemenangannya menandai cameback nya politisi senior Malaysia ini ke panggung politik setelah beberapa tahun Anwar terpaksa mendekam di dalam penjara terkait kasus sodomi dan berbagai kasus yang dituduhkan kepadanya.

Anwar memenangkan pemilihan hari Sabtu di kota pantai selatan Port Dickinson dengan 31.016 suara, seperti diberitakan laman Malaysia Kini mengutip komisi pemilihan. Anwar memperoleh 71 % suara.

Tempat pemilihan suara di Port Dickson dibuka pada Sabtu pagi pukul 08.00 waktu setempat. Wilayah yang mayoritas didiami oleh warga etnis China ini sudah menjadi salah satu basis pendukung Anwar sejak lama.

“Kami akan memilih perdana menteri selanjutnya. Kami butuh pemimpin yang berpengaruh untuk melanjutkan pengembangan Port Dickson yang mandek,” kata Lee Tian Hock, 60.

Sekitar 100 orang pendukung Anwar meneriakkan kata “reformasi” saat Anwar tiba di tempat pemilihan suara. “Pagi ini, saya berdoa kepada Allah untuk kemenangan besar Anwar,” kata seorang pensiunan pengemudi truk Mat Taib. “Saya ingin dia menjadi perdana menteri kami yang ke-8.”

Memenangi kursi dalam pemilu legislatif ini merupakan kunci bagi Anwar untuk bisa menjabat perdana menteri Malaysia menggantikan Mahathir Mohamad. Anwar Ibrahim adalah Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang bersekutu dengan mantan musuhnya, Mahathir Mohammad, dalam Pemilu 4 Mei lalu yang berhasil dimenangkan keduanya.

Mahathir kemudian menjadi Perdana Menteri menggantikan Tun Najib Razak. Mahathir kemudian berhasil memintakan pengampunan bagi Anwar Ibrahim kepada Raja Malaysia, Yang Dipertuan Agong Sultan Muhammad V, dan berjanji akan memberikan jabatan Perdana Menteri dalam suatu pengambil-alihan atau take-over kepada Anwar Ibrahim.

Red : msa
Sumber : Aljazeera

ARTIKEL TERKAIT

Close