AKIDAH

Apa Saham Kita dalam Perjuangan Islam?

Para sahabat terdahulu berbagi peran dalam khidmah terhadap Islam. Ada yang bertugas untuk azan, ada yang jadi Imam, ada yang berfatwa, ada yang mengajar, ada yang berdakwah dan ada yang berjihad. Mereka tidak berteori, tapi langsung membuktikan dengan amal nyata.

Kalaupun kita bertanya dalam hati apa saham yang telah kita berikan dalam memperjuangkan Islam? Tentu akan dijawab dengan hati yang bersih dan jujur, ternyata masih sedikit saham kita atau bahkan tidak ada sama sekali.

Lantas bagaimana semestinya kita harus bersikap dan turut andil menceburkan diri terlibat baik secara lansung atau tidak langsung demi kejayaan Islam.

Sudah menjadi sunnatullah bahwa setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada seorang manusia yang sempurna dan mampu melakukan segala hal dengan kelebihannya. Maka dari itu ketika kita merasa mempunyai potensi untuk bergerak memperjuangkan Islam, maka lakukanlah walau kelihatannya sepele.

Allah Ta’ala, berfirman:

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِى الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِّنۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِى لَا يُشْرِكُونَ بِى شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَأُولٰٓئِكَ هُمُ الْفٰسِقُونَ

“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. An-Nur 24: Ayat 55)

Diayat yang lain Allah Ta’ala berfirman:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوٓا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad 47: Ayat 7)

1 2Laman berikutnya
Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close