#Pilpres 2019OPINI

Dari Debat Kelima, Indonesia Akan Hebat di Tangan Prabowo-Sandi

Sandiaga Uno malam ini menunjukkan kualitas penguasaannya di bidang ekonomi dan bisnis. Ketika berlangsung sesi tanya bebas, Jokowi terpancing jengkel. Dan kelihatan tak paham. Di mana tak paham itu?.

Yaitu, ketika Jokowi mengatakan bahwa contoh-contoh temuan lapangan Sandi soal keluhan warga adalah isu ekonomi mikro. Tak pahamnya Jokowi adalah bahwa contoh-contoh itu disampaikan untuk membangun argumentasi tentang cara mengatasi masalah ekonomi termasuk penyusunan kebijakan ekonomi makro.

Jadi, Sandi menyebutkan contoh mikro agar publik tahu mengenai kesulitan yang terjadi di ‘receiving end’ (sisi penerima) dari berbagai kebijakan ekonomi khususnya, dan kebijakan komprehensif pemerintah pada umumnya. Itu yang disampaikan Sandi dengan runtun. Sayangnya, Jokowi menjadi ‘irritated’ (terganggu). Tanpa alasan. Kecuali karena ketidakpahamannya.

Debat malam ini jelas milik Prabowo-Sandi. Dari segala sisi. Pemahaman materi, esensi argumen, dan presentasi jawaban dan penjelasan.

Debat pamungkas ini memang pamungkas untuk Prabowo-Sandi. Dengan gagasan ekonomi-bisnis yang diuraikan Sandi, plus statemen ‘jaga ketat kekayaan dan aset’ negara dari Prabowo, insyaallah Indonesia akan tampil hebat di tangan Presiden Prabowo dan Wapres Sandi Uno.

Dengan begitu, para pemilih yang masih ragu atau belum memutuskan sikap, hampir pasti debat kelima malam ini sangat meyakinkan mereka untuk memilih Prabowo-Sandi.

Tak pelak lagi, masa depan Indonesia memang akan terjamin cerah di tangan paslon 02. Dan secara efektif, mereka telah mendominasi kampanye terbuka dan silaturahmi yang berlangsung dalam enam bulan belakangan. Pertanda bahwa gagasan mereka diterima, kekuatan mereka diakui.

Asyari Usman
(Penulis adalah wartawan senior)

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close