NASIONAL

Fadli Zon Luncurkan Buku Kisah Asmujiono Kibarkan Merah Putih di Puncak Everest

Cibinong (SI Online) – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon kembali meluncurkan buku”Asmujiono: Pengibar Merah Putih di Puncak Everest.” Buku yang diterbitkan Fadli Zon Library itu memuat kisah tentang sosok prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Asmujiono.

Asmujiono adalah seorang prajurit kelahiran Tumpang, Malang, Jatim. Ia berhasil mencapai puncak Everest dengan kondisi lemah, lapar, dan haus menghadapi udara dingin Everest minus 50 derajat celcius. Dengan menyerukan takbir dan menyanyikan lagu Padamu Negeri, pada 26 April 1997 ia berhasil menancapkan bendera Merah Putih untuk pertama kalinya di Puncak Himalaya.

Keberhasilan 22 tahun lalu tersebut langsung menggemparkan dunia pendakian Internasional.

“Keberhasilan Asmujiono bersama Tim Merah Putih telah menorehkan prestasi bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Untuk Kawasan Asia Tenggara, Tim Indonesia tercatat sebagai tim pertama yang berhasil mencapai puncak Everest,” ungkap Fadli Zon saat peluncuran buku di Cibinong, Bogor, Ahad (14/04).

Menurut Fadli, penerbitan buku biografi tersebut menjadi penting bagi masyarakat Indonesia khususnya para pendaki sipil dan militer.

“Buku ini melihat perjuangan seorang prajurit dalam menjalankan tugas dan memperjuangkan harga diri bangsa Indonesia” ungkap Fadli Zon.

Fadli Zon melihat Asmujiono adalah sosok inspiratif. Ia anak yatim piatu dan kehidupannya sangat sederhana tapi mampu jadi orang pertama Indonesia bahkan Asia Tenggara yang mencapai Everest. Perjalanan hidupnya keras dan sangat berliku. Tekad, semangat dan daya juang mencapai cita-cita telah menjadi pendorong keberhasilan Asmujiono.

Asmujiono yang dihadirkan dalam peluncuran buku itu juga menceritakan kisahnya saat detik-detik mencapai puncak Everest.

1 2Next page
Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close