KABARREMAJA

Geng Membawa Taat Atau Maksiat

Berawal dari sekelompok pertemanan yang memiliki hobi, profesi, kegiatan yang sama dll. Kini sekelompok temen tersebut membuat yang namanya geng. Seperti geng Girls Squad yang di gawangi oleh Nia Ramadhani yang memiliki banyak anggota dan semakin menyita perhatian publik yang terdiri dari wanita-wanita cantik dan tajir, geng ini dianggap sebagai geng sosialita masa kini. Tak hanya sekedar bertemu seperti melakukan memotretan, makan dll. Mereka pun kerap kali melakukan kegiatan positif seperti baksos dll. Geng tersebut juga menjadi pelopor munculnya geng-geng artis lainnya.

Seperti Arisan Perfect II Geng milik Bella Shofie ini sering mengadakan pertemuan bersama serta pemotretan layaknya ‘Girls Squad’. Mereka pun sering tampil kompak dengan pakaian-pakaian bernada glamour. Geng tersebut berisikan sosialita hingga penyanyi seperti Beby Sexyola. Geng Arisan Ladies berawal dari kumpul untuk melakukan arisan, terbentuklah geng penyanyi-penyanyi terkenal ini. Geng Arisan Ladies beranggotakan para penyanyi perempuan seperti Iis Dahlia, Yuni Shara, Krisdayanti, Silviana Herman, Rossa, dan Melly Goeslaw. Masih banyak geng-geng artis lainnya (TRIBUNNEWS.COM).

Sobat, memang asyik ketik kita disatukan dengan teman yang memiliki kesamaan dalam prihal apapun. Kita boleh saja menyatukannya dengan sebutan geng yang perlu dicatat seberapa besar peran geng tersebut bagi ketakwaan kita kepada Allah. Apakah geng yang hanya berisi kegiatan yang sia-sia.

Menjauhkan kita kepada Allah atau justru geng yang bisa menjadikan kita semakin bertakwa kepadaNya.

Awas! Geng Buat Kita Lalai

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Hadis tersebut mengingatkan kita akan arti sebuah pertemanan. Ketika kita berteman dengan para aktivis pacaran tidak memperhatikan interaksi laki-laki dan perempuan, lalai terhadap solat hanya melakukan kegiatan yang isinya shoping, nonton, nongkrong yang sia-sia. Sudah bisa ditebak pertemanan yang dibangun akan menyeretmu kepada kemaksiatan.

Andai geng tersebut malah menjadikan kita jauh dari Allah terwarnai oleh kemaksiatan mereka maka kita wajib untuk meninggalkannya.

Geng Ngajak Taat

Sobat, kita sebagai remaja muslim menjadi suatu yang penting ketika semua aktivitas kita bersandarkan Islam. Haram halal menjadi standar perbuatan kita. Kita boleh ko, bergabung dengan salah satu geng, apa lagi ketika kita baru berhijrah merasa perlu untuk memiliki temen yang bisa menjaga keimanan kita, mengingatkan dan memotivasi. Artinya kita pilih-pilih ya dalam mencari teman atau geng.

Ketika geng tersebut bisa membawa kita jadi lebih baik dalam ketakwaan, geng yang selalu mengajak ke majlis-majlis ilmu. Tak hanya perhatian dan peduli saat kita sakit merek menjenguk kita. Tapi perhatian dan peduli ketika kita tidak ada di majlis ilmu. Mengajak bersama mengkaji islam. Ketika semua personilnya menjaga ketakwaannya kepada Allah insyallah pertemanan kita tak hanya di dunia tapi pertemanan sampai ke surgaNya. Wallahu a’lam.

Yuyun Suminah
Komunitas Karimah (Kajian Remaja Muslimah) Karawang

ARTIKEL TERKAIT

Close