NASIONAL

Gubernur Anies Gencarkan Program Magrib Mengaji

Jakarta (SI Online) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan lurah-lurah di seluruh Jakarta menggencarkan program magrib mengaji. Program tersebut ditujukan untuk meningkatkan spiritual dan menekan kenakalan remaja, seperti tawuran atau konsumsi narkoba.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali, mengatakan program tersebut mulai direalisasikan tahun ini. “Magrib mengaji itu program pembinaan mental dan spiritual masyarakat, ini pesan dari Pak Gubernur, minta supaya menciptakan suasana keagamaan yang lebih bagus lagi,” ujar Marullah dikutip dari Wartakota, Sabtu (12/1/2019).

Ia menjelaskan tujuan dibentuknya program ini, yakni untuk menghidupkan kembali tradisi keagamaan yang kini kurang populer di masyarakat.

Selain itu, Marullah meyakini Masjid ataupun Mushalla yang dipakai untuk kegiatan ini bisa menjadi tempat aman ‘safety house’ bagi remaja yang berumur tanggung.

“Saya yakin mereka berada di tempat aman dan jauh dari kemungkinan-kemungkinan terkontaminasi perilaku yang kurang baik. Misalnya kalau mereka magrib masih ada di perempatan jalan, takutnya mereka melakukan hal yang tidak terpuji, usil, tawuran, berkelahi atau malah narkoba,” ungkap Marullah.

Di Jakarta Selatan, pemerintah DKI telah menganggarkan sekitar Rp 1,43 miliar untuk pembiayaan program tersebut di semua masjid di 65 kelurahan. Setiap kali kegiatan, anggarannya Rp 500 ribu. Setiap masjid mendapat jatah melaksanakan empat kali kegiatan dalam sebulan hingga 11 bulan.

Menurut Marullah, sejumlah kelurahan di wilayahnya telah memulai aktivitas program subuh berjemaah dan magrib mengaji pada pekan pertama awal tahun. “Ada beberapa sudah memulai dari pekan lalu,” tandasya.

red: adhila/dbs

Tags
Back to top button
Close
Close