NASIONAL

Hydro Kelola Minimart dengan Komitmen Halal dan Sedekah

Lombok (SI Online) – “Dari 2000-an item produk di minimart ini, kita tidak menjual minuman keras, rokok, dan alat kontrasepsi,’’ papar Presiden Direktur PT Hydro Perdana Retailindo (Hydro), Syahru Aryansyah, dalam peresmian Zohrimart di Pemenang Barat, Lombok Utara, Kamis (02/08/2018) lalu.

Toko swalayan mini yang terletak di Jalan Raya Senggigi ini merupakan bagian dari penghargaan ACT (Aksi Cepat Tanggap) terhadap prestasi Lalu Muhammad Zohri.

Zohri menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U(nder)-20 (Junior) di Stadion Ratina, Tampere, Finlandia, 11 Juli lalu. Mengalahkan dua sprinter favorit juara dari Amerika Serikat, dan 4 sprinter dari empat negara lainnya.

Selain penghargaan berupa uang tunai Rp25 juta, ACT juga menyumbang aset produktif berupa minimart senilai Rp300 juta.

‘’Ditambah operasional persiapannya hingga grand launching sata ini, ACT menanamkan investasi lebih Rp500 juta,’’ ungkap Ahyudin, Presiden ACT, dalam sambutan peresmian Zohrimart yang dihadiri Bupati Lombok Utara dan jajaran Sekwildanya.

Zohrimart milik Keluarga Zohri, dikelola PT Hydro Perdana Retailindo (Hydro) yang sudah mengembangkan jaringan riterl Minimarket Sodaqo.

“Tim kami akan terus mendampingi dan memonitor perkembangan Zohrimart. Sehingga, Zohrimart dapat terus menghasilkan benefit, yang bisa dimanfaatkan oleh keluarga Zohri dan masyarakat sekitarnya,” jelas Syahru Aryansyah, yang akrab disapa Ryan.

PT Hydro adalah perusahaan wakaf yang dilahirkan Global Wakaf, salah satu unit bisnis ACT.

Dengan tagline “mengalir dan memberi manfaat”, Hydro diharapkan meraih profit sebesar-besarnya untuk kemudian disalurkan kepada mauquf ‘alaih (mustahik penerima manfaat).

Kehalalan menjadi salah satu aspek penting dalam minimarket yang dikembangkan Hydro. ‘’Kita punya komitmen pada aspek halal, baik pada produk maupun pengelolaannya,’’ terang Ryan.

Sebagai contoh, produk yang dijual Zohrimart hanya yang sudah bersertifikat halal MUI. Atau, jika merupakan produk industri rumahan, sudah lolos sertifikasi penyuluhan. “Jadi, kami tidak menyediakan rokok, bir, dan kondom di sini,’’ tandas Ryan.

Hal yang sama dapat ditemui pada Minimart Sahabat Umat di Komplek Pusdiklat Dewan Dakwah, Jalan Raya Setia Mekar, Kp Bulu, Desa Setia Mekar, Kec Tambun Selatan, Kab Bekasi, Jawa Barat.

Toko swalayan hasil kerjasama Dewan Dakwah dan PT Hydro ini diresmikan pada 28 Juli lalu.

Menurut Manajer Sahabat Umat, Ustadz Abdul Aziz, selain mementingkan aspek kehalalan, minimart ini juga menjadi wasilah sedekah.

“Sebesar 25 persen dari keuntungan bersih disalurkan untuk sedekah. Rinciannya, 5 persen untuk dana yatim, dhuafa, dan sosial kemanusiaan melalui LAZNAS Dewan Da’wah; 10 persen untuk dana wakaf melalui Badan Wakaf Dewan Da’wah; dan 10 persen lainnya untuk dana dakwah melalui Badan Pengelola Pusdiklat Dewan Da’wah,’’ tutur Ustadz Aziz.

rep: melati, bowo

ARTIKEL TERKAIT

Close