#Pemilu 2019NASIONAL

IKADI: Pilih Pemimpin yang Kuat, Amanah dan Mampu Selamatkan Aset Bangsa

Jakarta (SI Online) – Menghadapi pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 17 April mendatang, Ikatan Dai Indonesia (IKADI) mengeluarkan delapan seruan untuk seluruh bangsa Indonesia.

Seruan IKADI, yang dikeluarkan tertanggal 1 April 2019 itu ditandatangani langsung oleh Ketua PP IKADI Prof. Dr. KH. Achmad Satori Ismail dan Sekjen Dr. H. Ahmad Kusyairi Suhail, MA.

Menurut IKADI, memilih pemimpin menurut Islam adalah kewajiban. Karena itu organisasi para dai ini menyerukan masyarakat agar tidak golput.

“Ikut berperan aktif dalam menyukseskan Pileg dan Pilpres dan tidak golput, dengan menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab demi terwujudnya negara Indonesia yang adil, makmur dan bermartabat, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” bunyi salah satu butir delapan seruan IKADI yang diterima Suara Islam Online, Kamis 11 April 2019.

IKADI menjelaskan, pemilihan umum dalam perspektif Islam merupakan upaya memilih pemimpin atau wakil yang memenuhi kriteria dan syarat ideal bagi terwujudnya cita-cita bersama sesuai dengan apirasi umat dan kepentingan bangsa.

Terkait sosok pemimpin yang direkomendasikan untuk dipilih, IKADI memberikan sejumlah kriteria. Di antaranya kuat dan amanah, mandiri, berpihak kepada kepentingan bangsa serta mampu menyelamatkan aset-aset bangsa dan negara untuk kemakmuran rakyat.

“Memilih pemimpin yang kuat dan amanah (QS Al Qashash: 26), visioner (QS Al Baqarah: 247), mandiri, berpihak pada kepentingan bangsa dan peduli pada kehidupan umat (QS At Taubah: 128), serta mampu menyelamatkan aset-aset bangsa dan negara untuk kemakmuran rakyat (QS Yusuf: 55),” bunyi poin kelima.

Poin penting lainnya adalah IKADI mengimbau KPU, Bawaslu, POLRI, TNI dan lembaga-lembaga terkait untuk bersikap netral, jujur, adil dan profesional agar dapat terselenggara Pileg dan Pilpres yang tertib, aman dan bermartabat.

“Mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan ibadah, zikir, dan doa agar bangsa Indonesia dianugerahi Allah ta’ala pemimpin yang dapat mendatangkan kemaslahatan bagi bangsa,” pungkasnya.

red: shodiq ramadhan

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close