MUAMALAH

Inilah Jenis Usaha dan Pekerjaan yang Diharamkan

Allah Swt berfirman: “Dialah yang menjadikan bumi ini mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya.” (QS. Al Mulk : 15)

Demikianlah prinsip Islam. Bumi ini diciptakan Allah untuk manusia dan dimudahkan buat mereka. Oleh karena itu mereka harus memanfaatkan nikmat ini dan berusaha mencari karunia-Nya dari segala penjuru.

Salah satu cara memanfaatkan nikmat dari Allah Swt tersebut adalah dengan bekerja dan berusaha menjemput rezeki-Nya. Terdapat banyak bidang usaha maupun pekerjaan yang dapat dilakukan. Usaha apapun boleh dilakukan sebagai bagian dari ikhtiar, asalkan tetap dalam koridor syariat.

Namun meski begitu, terdapat jenis usaha dan pekerjaan yang diharamkan oleh Islam. Karena dapat merusak masyarakat, baik dalam bidang akidah, akhlak, kehormatan dan harga diri, maupun nilai-nilai kebudayaan. Bidang usaha dan pekerjaan apa saja itu?

Pelacuran

Islam menolak dengan keras dan tidak memperkenankan seorang pun baik merdeka maupun budak untuk mencari mata pencarian dengan menjual diri. Allah Swt berfirman: “Dan janganlah kamu paksa budak-budak perempuanmu untuk melakukan pelacuran sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan duniawi.” (QS. An Nuur : 33)

Tarian dan Seni Seks

Islam menolak pekerjaan berupa tarian erotis dan pekerjaan apapun yang dapat membangkitkan nafsu. Islam mengharamkan segala macam hubungan lawan jenis di luar pernikahan. Islam mengharamkan setiap perkataan dan perbuatan yang dapat membuka pintu hubungan yang haram ini. Inilah rahasia Al Qur’an di dalam mengungkapkan larangan berzina dengan kalimat yang ampuh:

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbutan keji dan suatu jalan yang buruk.” (Q.S. Al Isra’ : 32)

Al Qur’an tidak hanya melarang berzina, bahkan mendekatinya pun dilarang.

1 2Laman berikutnya
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close