INTERNASIONAL

Israel Larang Masuk Suplemen untuk Anak-anak Palestina

Gaza (SI Online) – Wakil Menteri Kesehatan Asad Ramlawi menginformasikan, penjajah Israel menerbitkan larangan bagi Kementerian Kesehatan Palestina mulai awal tahun 2019 mengimpor suplemen khusus anak-anak.

Dalam keterangan persnya, Selasa pagi, Ramlawi mengatakan, larangan impor suplemen oleh otoritas Israel ke wilayah Palestina, menyebabkan kesulitan dalam mencari solusinya, saat ini komunikasi tengah dilakukan dengan Unicef.

Ramlawi menjelaskan, kementerian sejak dua bulan lalu dikejutkan dengan larangan otoritas pelabuhan Israel terhadap impor suplemen khusus anak-anak, seperti dinyatakan Unicef, Israel menggunakan hukum yang ada sejak tahun 1986.

Ramlawi mengecam keputusan ini, menurutnya suplemen telah berubah sejak 32 tahun lalu, dan sejak otoritas memegang kendali kekuasaan tahun 1994, tak ada masalah dalam persoalan ini.

Menurut Ramlawi, kementerian kesehatan terus berupaya menempuh cara, berkomunikasi dengan organisasi kesehatan dunia dan badan PBB Unicef, untuk menghapus keputusan ini yang disebutnya sebagai kebijakan zalim. Disebutkan bahwa kedubes Palestina di Jenewa dan PBB tengah berkomunikasi untuk menekan Israel agar mengijinkan suplemen masuk Palestina.

Otoritas Israel hanya menginginkan suplemen dari 10 negara saja, namun negara-negara ini saat memproduksinya tak peduli terhadap penjualannya, sehingga tak mendapatkan ijin dari organisasi kesehatan dunia, sementara Palestina tak akan mendapatkan suplemen ini dari negara yang tak memiliki sertifikat dari WHO.

Sumber: infopalestina

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Close
Close