NASIONAL

Jakarta Harus Gencarkan Wisata Halal

Jakarta (SI Online) – DKI Jakarta harus gencar mengembangkan wisata halal sebagai sumber pertumbuhan perekonomian yang baru.

“Pengembangan pariwisata dan halal tourism harus dilakukan sebagai sumber pertumbuhan baru perekonomian DKI Jakarta,” kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan DKI Jakarta Trisno Nugroho di Jakarta, Selasa 8 Januari 2019.

Pernyataan disampaikan dalam Focus Discussion Group (FGD) bertajuk Sinergi Pengembangan Pariwisata DKI Jakarta yang diselenggarakan Jakarta Tourism Forum (JTF).

Menurut dia, seluruh pangsa dari komponen utama PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) DKI Jakarta, yaitu konsumsi, investasi, dan ekspor mengalami penurunan. Penurunan juga tecermin dari pangsa tiga lapangan usaha utama.

Jika ini terus berlangsung, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta berpotensi terus melambat dan dapat meningkatkan kemiskinan. “Jakarta perlu membangun sumber pertumbuhan baru,” kata Trisno.

Pariwisata merupakan sumber baru perekonomian DKI Jakarta yang sudah sesuai dengan tren kontribusi pariwisata yang semakin besar dalam perolehan devisa nasional.

Tahun 2017, nilainya mencapai 14,2 miliar dolar AS dari sektor pariwisata, yakni jasa perjalanan dan transportasi penumpang. Sementara halal tourism merupakan tren muslim global yang terus tumbuh dengan pesat.

1 2Laman berikutnya
Tags
Close
Close