#Pilpres 2019OPINI

Jokowi: Visi Presiden yang Disampaikan dengan Akal-Akalan

Alhamdulillah, Senin malam (14/01/2019), Capres Prabowo Subianto (PS) menguraikan visinya tentang Indonesia. Konten visi itu jujur dan sampaikan dengan jujur pula. Hebatnya, fasilitas media (khususnya televisi) yang menyiarkan langsung penyampaian visi itu, didapat dengan jujur juga.

Jadi, yang dilakukan Prabowo adalah jujur konten, jujur penyajian, dan jujur pula cara mendapatkan media televisinya. Tidak ada main akal-akalan. Prabowo tidak ‘mengakali’ rakyat di dalam visinya sebagai calon presiden. Beliau tidak ‘mengakali’ penguraiannya di depan ‘live broadcast’ (siaran langsung). Dan tidak pula ‘mengakali’ cara mendapatkan ‘air time’ (waktu tayang) televisi.

Berbedan dengan Jokowi. Capres nomor 01 ini ‘mengakali’ larangan kampanye sistem ‘blocking time’ dengan cara memainkan judul penyampaian visinya menjadi “Visi Presiden”. Bukan visi calon presiden. Inilah akal-akalan yang sangat kasar. Licik. Manipulatif.

Dengan judul “Visi Presiden”, terbebaslah Jokowi dari larangan kampanye yang memblok waktu tayang. Serentak disiarkan oleh SCTV, Indosiar, NET-TV, dan JAK-TV pada pukul 21.00 WIB, 13 Januari 2019. Sehari sesudahnya, penyampaian visi Prabowo berlangsung tanpa akal-akalan. Bersih. Tidak ada ‘abuse of power’ (penyelewengan kekuasaan) seperti yang dilakukan secara terbuka oleh kubu Jokowi.

Tapi, rakyat paham manipulasi Jokowi itu. Rakyat tahu ada ‘abuse of power’. Dan rakyat akan menunjukkan penolakan terhadap cara-cara seperti itu. Pada 17 April nanti rakya akan mengirimkan nota penolakan.

Selain ‘mengakali’ aturan larangan kampanye blocking time, Jokowi juga terbebas dari biaya kampanye. Sebab, bagi keempat stasiun TV yang menyiarkan ‘live’, penyampaian Visi Presiden (Episode Infrastruktur) itu digolongkan sebagai ‘talk show’ biasa. Jadi, Jokowi mengambil keuntungan berupa kampanye tanpa batas waktu tayang, dan tanpa bayar.

Begitulah Jokowi menjalankan kekuasaannya. Dia, dengan bantuan para ‘pemegang kekuasaan’ di dalam timnya, bisa dengan mudah mendapatkan waktu tayang di stasiun TV mana pun juga. Tidak mungkin ada yang berani menolak.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

ARTIKEL TERKAIT

Close
Close