BEAUTY

Kemuliaan Perempuan dalam Islam

Perempuan dalam sistem Islam sungguh berada dalam ketinggian martabatnya. Memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki dihadapan syariat.

Sama-sama memiliki kewajiban beramar ma’ruf nahi mungkar. Sama-sama memiliki kewajiban menyuruh kepada yang baik dan mencegah dari yang mungkar.

Kebaikan itu sendiri adalah segala sesuatu yang bernilai baik di mata syariat, bukan di mata manusia. Segala sesuatu yang sesuai dengan fitrah manusia, menentramkan hati dan memuaskan akal. Alhasil, kebaikan akan senantiasa memberikan ketentraman dan kemaslahatan hidup. Keselamatan kehidupan manusia di dunia dan di akhirat.

Perempuan dalam sistem Islam ada dalam kepastian jaminan kehidupannya. Ia tidak diwajibkan untuk mencari sendiri nafkah hidupnya. Akan tetapi, Islam memberikan kewajiban kepada para suami dan para walinya untuk menjamin nafkah kehidupannya. Sehingga ada kepastian akan pemenuhan hak-hak hidup perempuan.

Dalam Islam perempuan tidak boleh diterlantarkan, tidak akan menjadi tulang punggung keluarga, bahkan perempuan dalam Islam akan senantiasa menjadi tulang rusuk yang dilindungi martabat dan kehormatannya.

Sungguh, Rasulullah saw, telah memberikan suri teladan yang sangat sempurna, bagaimana cara melindungi martabat dan kehormatan perempuan.

Jika dulu, sebelum Islam lahir dan sebelum Rasulullah Muhammad Saw diangkat menjadi rasul, perempuan tidak memiliki martabat sama sekali, dipandang sebelah mata, bahkan dipertanyakan makhluk apakah yang bernama perempuan itu?.

Sehingga pada zaman jahilliyah, ada bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup, para isteri yang ditinggal mati suaminya, dijadikan sebagai benda yang ikut diwariskan kepada para ahli waris, dan sederet kejadian lainnya yang menunjukkan betapa rendahnya martabat perempuan dimasa jahiliyah, sehingga para perempuan mendapatkan perlakukan yang sangat jauh dari kata manusiawi.

Hingga Islam datang, dan membalikkan tradisi jahiliyah. Menggantinya dengan tradisi Islam.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close