NASIONAL

KH Fachrurozi Ishaq: Jangan Pilih Pemimpin Tukang Bohong

Jakarta (SI Online) – Ulama Betawi KH Fachrurozi Ishaq menjelaskan bahwa panduan memilih pemimpin sudah ada di dalam ajaran Islam, karenanya kaum Muslim tinggal mengikutinya saja.

Menurutnya, petunjuk Allah dalam memilih pemimpin yang pertama harus fathonah (cerdas). Seorang pemimpin IQ-nya harus tinggi sehingga mampu mengatasi berbagai permasalahan. Seperti sekarang ekonomi kita sedang terpuruk, nah seorang pemimpin harus bisa memberikan solusinya.

“Jadi ekonomi buat rakyat, bukan rakyat untuk ekonomi,” kata Kyai Fachrurozi dalam pembukaan pengajian Koppasandi di Jl Cipinang, Cempedak Raya No 5, Jakarta Timur, Kamis malam (7/3/2019).

Yang kedua, lanjut dia, pemimpin itu harus siddiq (jujur). “Setiap yang disampaikan itu jujur apadanya sesuai dengan kenyataan. Ada yang bilang selama zaman dia memimpin tidak ada kebakaran hutan, padahal ada. Bohong kok gitu-gitu amat, karena itu jangan pilih pemimpin yang tukang bohong,” jelasnya.

Kemudian, pemimpin itu harus amanah. “Janji kepada rakyat dia pegang. Pengangguran masih banyak, eh tenaga kerja asing masuk malah dibiarkan. Padahal Founding Father mengamanahkan bahwa rakyat harus sejahtera,” kata Kyai Fachrurozi.

“Mana janji-janji yang dulu? eh sekarang mau janji lagi, yang dulu aje belon dilunasin,” tambah Kyai Fachrurozi dengan logat betawinya.

Pengajian tersebut dihadiri sejumlah ulama, diantaranya KH Abdul Rasyid Abdullah Syafiie, KH Cholil Ridwan, KH Muhammad al Khaththath, KH Nursasih, KH Ruslan Mawardi dan lainnya. Hadir pula Cawapres Sandiaga Salahudin Uno, kedatangannya hanya sekedar silaturahim bersama para ulama.

red: adhila

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close