#Pemilu 2019OPINI

Kualitas Pemilu 2019: Tanpa Visi Misi Penuh Kisi-Kisi

Dengan menggunakan sistem electoral college, atau sebuah sistem yang menjadi penentu akhir presiden berikutnya maka pemilihan Presiden AS menggunakan electoral votes (suara pemilu) yang tersebar di 51 negara bagian.

Negara-negara bagian memiliki jumlah electoral votes yang berbeda. Jumlah atau jatah ini ditentukan oleh banyaknya alokasi kursi Senat dan DPR yang dimiliki tiap-tiap negara bagian. Alokasi kursi Senat dan DPR sendiri bisa berubah berdasarkan populasi penduduk yang ditetapkan oleh sensus sepuluh tahunan.

Sekarang, terdapat 538 electoral votes yang jumlahnya itu ditetapkan berdasarkan 435 kursi DPR (House of Representatives), 100 kursi Senat, ditambah tiga jatah electoral votes untuk ibu kota Washington DC—meskipun kota pemerintah federal ini tidak memiliki wakil di Senat.

Untuk memenangi pemilu, seorang calon presiden harus mendapatkan minimal 270 dari 538 electoral votes. Oleh karena itu, dalam setiap pemilu, para politisi selalu membidik negara bagian yang memiliki jumlah electoral votes terbanyak, seperti California (55), Texas (34), Florida (27), dan Illinois (21).

Setelah pemungutan suara selesai, para electors (orang yang memiliki mandat atas electoral votes) akan menggelar konvensi di ibu kota negara bagian untuk memberikan suara mereka. Dalam konvensi inilah pilpres benar-benar digelar secara langsung. Mereka akan memilih satu dari dua pasangan capres yang bertarung.

Pemilihan Presiden Amerika yang dikenal sangat liberal ternyata menggunakan sistem keterwakilan melalui electoral votes atau Pemegang electoral votes yang diangkat oleh dewan pimpinan partai di tingkat negara bagian. Penetapannya dilakukan dengan mempertimbangkan loyalitas kepada partai dan diyakini tidak akan mengkhianati suara rakyat dan suara partai yang diwakilinya.

Para elector dipilih oleh partai sebelum pemilu berlangsung, waktu persisnya berbeda di masing-masing negara bagian. Masa jabatannya pun berbeda. Dan, satu hal, tidak ada pengumuman resmi dari partai terkait proses penetapan atau pengangkatan elector.

Laman sebelumnya 1 2 3 4 5 6Laman berikutnya
Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close