#Pemilu 2019OPINI

Kualitas Pemilu 2019: Tanpa Visi Misi Penuh Kisi-Kisi

Memang pemilu ini agak aneh bagi saya. Selain peniadaan penyampaian visi misi dan program, ada juga pemberian hak pilih kepada orang gila untuk memilih, kotak suara kardus dan pembocoran soal debat kandidat presiden dan wakil presiden.

Yang terakhir ini juga menurunkan kualitas pemilu dan juga menurunkan kualitas calon presiden dan wakil presiden. Bagi KPU itu untuk untuk memudahkan pasangan calon. Suatu yang aneh bahwa calon presiden dikalahkan oleh lomba cerdas cermat.

Dalam setiap perlombaan, soal harus dirahasiakan, orang yang mengikuti ujian nasional atau orang yang mengikuti calon pegawai negeri tidak diberi bocoran soal, tapi calon presiden dan wakil presiden diberi bocoran soal, Padahal ia akan menjadi seorang pemimpin politik tertinggi dalam sebuah negara. Mungkin KPU mengkhawatirkan seorang calon presiden, tidak ‘plonga-plongo’ di atas panggung, tapi justru sebaliknya akan memperlihatkan kelemahan yang sangat kentara bagi calon.

Dibalik dari semua kebijakan kontroversial KPU itu terdapat indikasi, pemilu dua 2019 adalah pemilu yang tidak netral. Apakah benar demikian?

Dari cara KPU, terus terang saya secara pribadi menaruh kecurigaan atas kebijakan KPU tersebut. Kita mengetahui kemampuan salah satu pasangan calon dari segi kemampuan intelektual hingga ketidakmampuannya menjalankan janji-janji kampanyenya yang mencapai ratusan dengan 9 Nawacita yang hampir menjelma menjadi sebuah janji yang membawa 9 dukacita.

Apakah mungkin KPU mengkhawatirkan, bahwa itu akan menjadi bom waktu bagi patahana, sehingga ia harus dilindungi, dari keinginan KPU menghilangkan penyampaian visi, misi dan program, hingga membocorkan soal debat kandidat?

Kalau netralitas KPU dipertanyakan, lalu untuk apa pemilu? Mungkin dalam pemilu Indonesia ini perkataan Stalin itu memperoleh kebenaran. Dia mengatakan, ‘hasil pemilu itu tidak ditentukan oleh pemberi suara,tapi ditentukan oleh yang menghitung suara’. Wallahualam bis shawab.

Dr. Ahmad Yani, SH., MH.
(Calon Anggota DPR RI PBB Dapil DKI Jakarta Timur)

Laman sebelumnya 1 2 3 4 5 6
Tags

ARTIKEL TERKAIT

Close
Close