INTERNASIONAL

Layang-layang Api Gaza Picu Kebakaran di 4 Titik Permukiman Zionis

Al Quds (SI Online) – Telah terjadi kebakaran di 4 titik kawasan sekitar permukiman zionis di pinggiran Gaza, yang dipicu oleh balon-balon api yang diluncurkan para pejuang Palestina, di saat bersamaan pasukan Israel mengincar para peluncur balon api dan menembaki mereka.

Kabar tersebut dilansir Pusat Informasi Palestina, Senin (15/1) dari situs 0404 Israel yang menyebutkan, kebakaran terjadi di 4 titik permukiman zionis di pinggiran Gaza sejak pagi sampai sore, disebabkan oleh balon-balon api, dan segera ditanggulangi oleh tim pemadam kebakaran, militer dan polisi Israel.

Militer Israel pada Ahad sore kemarin menyerang sekelompok Palestina yang diduga meluncurkan balon-balon api dari Gaza Utara ke permukiman zionis Israel, namun tanpa ada rinciaan lanjutan.

Sementara itu, pihak kementerian kesehatan Palestina belum menerima laporan terkait korban luka akibat gempuran tersebut.

Para pemuda Palestina terus melancarkan serangan balon api dan layang-layang ke permukiman zionis di seberang Gaza sejak awal aksi pawai kepulangan, 30 Maret silam, sebagai bentuk perlawanan baru di samping batu dan molotov.

Otoritas lingkungan Israel memprediksi kebakaran telah menghanguskan sekitar 32 ribu acre ladang gandum dan kawasan pertanian serta hutan di seberang Gaza, atau sekitar 14 % dari total luas hutan lindung yang dikuasai Israel.

Militer Israel gagal menanggulangi pesawat kertas dan balon api, yang mengancam hasil panen di kawasan dekat perbatasan pemisah, sehingga mereka memburu semua warga yang meluncurkan balon ataupun layang-layang, dan menembak pelaku di tempat, baik menggunakan pesawat maupun sniper.

sumber: infopalestina

ARTIKEL TERKAIT

Close