INTERNASIONAL

Lebih dari 200 Warga Palestina Gugur Syahid dalam Aksi Kepulangan

Gaza (SI Online) – Pemerintah Palestina dalam laporan resminya menyebutkan, 198 warga Palestina gugur syahid dan lebih dari 22 ribu orang terluka akibat serangan tentara Israel terhadap para demonstran dalam pawai aksi Akbar Kepulangan sejak 30 Maret 2018 lalu.

Dilansir Pusat Informasi Palestina, Kamis (11/10), 10 syuhada Palestina masih ditahan jenazahnya oleh otoritas pendudukan Israel, sehingga total korban gugur menjadi 208 orang.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza dalam sebuah laporan yang komprehensifnya berjudul “serangan Israel terhadap para peserta dalam Aksi Damai Kepulangan menyebutkan, sekitar 98% dari para syuhada tersebut adalah laki-laki dan sekitar 36 syuhada adalah anak-anak atau sekitar 19% dari jumlah total para syuhada.

Sementara itu jumlah korban luka mencapai lebih dari 22 ribu, lebih dari separuh dari mereka memasuki rumah sakit berusia antara 18 hingga 39 tahun, 75,5% dari total yang terluka.

Mereka mengalami cedera di tungkai bawah sebanyak 49,7%, luka bagian kepala dan leher 7,7%, luka tembak langsung 46,3%, akibat tembakan peluru logam karet 3,9%, dan luka akibat gas air mata mencapai 16,2%.

Kementerian Kesehatan menunjukkan, tentara Zionis tak segan-segan melakukan serangan terhadap awak medis dan ambulans. Tercatat tiga syuhada dari kalangan mereka gugur syahid 409 lainya mengalami cedera akibat tembakan dan gas air mata, dan 84 ambulans rusak. Dalam laporannya, kementerian juga menerbitkan nama-nama dari 192 syuhada.

Aksi kepulangan yang digelar di Gaza sejak 30 Maret diikuti sebagian besar penduduk Gaza. Mereka berpartisipasi dalam reli rakyat melalui demonstrasi damai di lima kamp kepulangan di provinsi timur lima sektor Gaza. Aksi terbesar dilakukan pada 14 dan 15 Mei yang dihadang pasukan Israel hingga terjadinya pembantaian berdarah.

Para demonstran menuntuk diterapkanya resolusi internasional dan resolusi PBB no 194 tentang kembalinya pengungsi Palestina ke wilayah dimana mereka terusir, termasuk pencabutan blokade di Gaza secara total.

sumber: infopalestina

ARTIKEL TERKAIT

Close