NASIONAL

Mahasiswa Demo Tuntut Jokowi Mundur

Jakarta (SI Online) – Ratusan demonstran dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) se-Jabodetabek menggelar aksi hari ini. Mereka menyampaikan aspirasi di depan kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Para mahasiswa ini menyuarakan kritikan kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Salah satu yang disuarakan adalah Dolar AS menguat membuat Rupiah melemah. Hal itu terlihat dari spanduk yang dibawa para demonstran.

“Pemerintah ini tidak bisa menyelesaikan hal-hal kecil. BBM naik, tarif dasar listrik naik, rupiah melemah” ucap salah seorang orator, Adi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat 14 September 2018.

Selain itu, demonstran juga menyindir aksi Jokowi memakai motor gede saat pembukaan Asian Games 2018. Kala itu Jokowi memakai jasa stuntman. Kali ini aksi stuntman itu juga diperagakan mahasiswa di lokasi demo. Mereka menilai hal itu hanya sekadar pencitraan agar dikenal oleh negara lain.

“Lihatlah aksi presiden yang tampil memukau. Semua demi dinilai perfect oleh negara lain. Turunkan Jokowi, ” ucap Adi.

Tuntutan yang sama juga dilakukan oleh massa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tapanuli Selatan-Padangsidimpuan yang menggelar demonstrasi di Gedung DPRD Padangsidimpuan, Jumat (14/9/2018). Mereka menuntut Presiden Jokowi dan wakilnya turun dari jabatan.

Dalam pernyataan sikap yang disampaikan mahasiswa, terdapat beberapa alasan yang melandasi tuntutan mereka.

Pertama, Joko Widodo tidak mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik sesuai visi Jalan Perubahan Untuk Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.

“Mendesak kementerian terkait untuk secepatnya menstabilkan perekonomian, turunkan harga BBM, hapus Perpres Nomor 20 Tahun 2018 tentang penggunaan Tenaga Kerja Asing,” demikian kutipan pernyataan sikap yang ditandatangani Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tapanuli Selatan-Padangsidimpuan, Rahmad Darmawan Daulay.

Kemudian, mahasiswa juga meminta TNI dan Polri untuk berlaku netral untuk menjaga keutuhan NKRI.

sumber: viva/tribun

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker