INTERNASIONAL

Mantan Presiden Mesir Mohammad Morsi Meninggal Dunia

Mesir (SI Online) – Mantan Presiden Mohammad Morsi yang digulingkan meninggal mendadak hari Senin di pengadilan setelah berakhirnya persidangan dalam gugatan spionase.

Mursi adalah seorang tokoh penting Ikhwanul Muslimin. Ia merupakan presiden pertama yang terpilih secara demokratis dalam sejarah modern Mesir.

AFP mengabarkan Mursi meninggal di rumah sakit Kairo setelah pingsan selama sesi di pengadilan. Demikian dikatakan sumber peradilan dan keamanan.

“Dia berbicara di depan hakim selama 20 menit dan sangat bersemangat kemudian pingsan. Dia segera dilarikan ke rumah sakit tempat dia kemudian meninggal,” kata sumber pengadilan.

Morsi (67) merupakan tokoh Ikhwanul Muslimin yang paling ditakuti rezim Mesir, setelah terpilih menjadi presiden pada tahun 2012 kemudian ia digulingkan oleh militer pimpinan Jendreal Abdul Fattah al Sisi pada 3 Juli 2013.

Sejak itu, dia dituntut di tahanan karena dia menghadapi beberapa dakwaan, termasuk spionase, pembunuhan demonstran, pelarian penjara, dan penghinaan peradilan.

Ramadhan lalu, Morsi telah melewati Ramadhan ke-6 di penjara tanpa diketahui kondisi penahanannya.

Pihak keluarga Morsi sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan tertulis mengungkapkan kekhawatiran tentang kondisi penahanan dan kondisi kesehatannya. Pihak keluarga mengatakan, kondisi penahanan dan kesehatan Morsi sama sekali tidak diketahui.

red: adhila/dbs

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close