#Pemilu 2019NASIONAL

Menteri Maju Caleg Disarankan Mundur, Puan Menolak

Jakarta (SI Online) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyarankan menteri Kabinet Jokowi agar segera mengundurkan diri dari jabatannya jika mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2019.

Sikap tersebut, kata Komisioner KPU Viryan Aziz, adalah tindakan etik seorang pejabat yang ingin maju di pemilihan legislatif.

“Sikap publiknya kalau ada menteri yang nyaleg, sebaiknya mundur, tapi peraturan belum mengatur itu, karena di UU Pemilu tidak menyebut klausul itu,” katanya saat dihubungi wartawan dari Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Peraturan yang dimaksud Viryan adalah UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. Di situ tidak menyebut seorang menteri harus mundur ketika daftar bacaleg.

Sementara itu, Viryan meminta publik sabar melihat perkembangan yang ada apakah benar akan ada menteri yang daftar bacaleg atau tidak.

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengamini beberapa menteri akan mengikuti kontestasi pileg 2019.

Dia berasumsi keputusan tersebut diambil, karena partainya tidak percaya diri lagi akan dapat jatah jadi pembantu presiden jika Jokowi terpilih kembali menjadi presiden. ‎

Salah satu menteri Jokowi yang berencana maju sebagai Caleg adalah Puan Maharani. Namun, saat ditanya apakah ia akan mundur dari jabatan menteri dan memilih menjadi Caleg, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ini mengatakan tidak.

“Kan enggak ada aturan yang menyatakan bahwa kemudian harus mundur atau tidak namun tentu saja harus seizin Presiden,” ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Puan juga mengatakan tidak ada aturan bagi menteri yang maju jadi caleg untuk cuti. Apalagi, kata dia, masa kampanye pemilihan legislatif juga belum dimulai meski pendaftaran sudah dibuka.

Ia sendiri mengaku belum ada keputusan pasti untuk maju menjadi caleg. Saat ini, tuturnya, meski sudah memiliki rencana, ia masih mempertimbangkan opsi menjadi caleg.

“Saya kan sudah dua kali jadi caleg jadi sebenarnya ini kan proses yang sudah saya lakukan. Jadi proses yang tidak tiba-tiba gitu,” kata dia.

red: A Syakira/dbs

ARTIKEL TERKAIT

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker