KESEHATAN

Minum Teh, Lebih Baik Disajikan Panas atau Dingin?

SI Online – Masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tropis, sering kali mengonsumsi es teh untuk menyegarkan teggorokan di siang yang terik. Lazimnya, teh disajikan dalam suhu yang hangat.

Lalu sebenarnya, bagaimana sebaiknya mengonsumsi teh yang benar. Diminum saat hangat atau dingin?
Ternyata, bila ingin merasakan kenikmatan alami dari sajian teh, minuman ini memang harus diseruput dalam keadaan hangat. Menikmati minuman teh dalam keadaan hangat, bukannya tanpa alasan.

Pasalnya teh akan lebih mengeluarkan cita rasa dan sedapnya aroma khas bila diseruput dalam keadaan hangat. Selain itu, teh hangat juga memiliki kelebihan. Kandungan antioksidan teh hangat bisa lebih mudah bercampur dengan air dan diserap oleh tubuh secara maksimal. Antioksidan pada teh hangat ini bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mendukung sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan kemungkinan kanker.

Sementara, es teh yang kerap menjadi pilihan sejumlah orang memang bisa memberikan kesegaran bagi orang yang meminumnya. Namun, untuk memperoleh kandungan nutrisi dari teh, tubuh kita membutuhkan waktu yang lebih lama.

Setelah diseduh dan dicampur dengan air, sebaiknya tunggu sekitar 4 jam sebelum disajikan. Hal itu bertujuan agar kandungan di dalam teh tetap ada sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Selain itu, es batu yang ditambahkan ke dalam teh disarankan terbuat dari air teh yang dibekukan juga sehingga tidak terlalu mengencerkan teh yang dibuat.

Red: Ma’faza

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker