#Infaq Dakwah CenterDAERAH

Nasha Jalani Operasi Tahap Kedua Pembuatan Lubang Anus

Jakarta – Alhamdulillah, setelah menjalani serangkaian cek darah dan opname selama lima hari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Jumat 29 Juni 2018, ananda Nasha menjalani operasi tahap kedua. Balita yang ditakdirkan lahir tanpa anus ini menjalani operasi untuk pembuatan lubang anus.

Pasca operasi tahap kedua ini, ananda Nasha harus melakukan kontrol rutin beberapa selama lima bulan untuk pemulihan dan persiapan operasi tahap ketiga.

Hingga berita ini ditulis, Nasha baru memasuki ruang operasi. Mohon doannya dari para muhsinin/donatur dan kaum muslimin mudah-mudahan operasi tahap kedua ananda Nasha dimudahkan dan berjalan lancara, Aamiin.

Pada akhir Februari 2018, balita Nasha menjalani operasi tahap pertama untuk pembuatan lubang stoma di bagian perut untuk lubang sementara pembuangan feses (buang air besar).

Diberitakan sebelumnya, Nasha Baskoro, bayi yang baru berusia tiga pekan ini lahir prematur tanpa memiliki anus. Dengan susah payah ia harus membuang kotoran feses melalui lubang kelaminnya. Untuk membuat lubang anus, ia harus dioperasi tiga kali dengan biaya sekitar 20 juta rupiah sekali operasi. Sang ayah, Bagus Baskoro seorang driver motor ojek online dengan penghasilan tak menentu, kesulitan untuk menutupi biaya operasi ini. Apalagi sejak kelahiran anaknya tersebut, ia tidak bisa bekerja karena waktunya tersita bolak-balik ke bidan, klinik, apotek dan rumah sakit untuk keperluan bayinya.

Atas bantuan donatur IDC, Nasha menjalani pengobatan rutin dan operasi di RSCM Jakarta Pusat. Menurut dokter spesialis yang menangani, Nasha harus dioperasi hingga tiga kali untuk membuat lubang anus dengan perkiraan biaya sekitar 60 jutaan. Tahapan operasi itu antara lain: tahap pertama pembuatan stoma, tahap kedua pembuatan lubang anus, dan tahap ketiga penutupan lubang anus. Biaya sekali operasi diperkirakan sekitar 20 juta rupiah, meliputi biaya rawat NICU, anestesi, obat-obatan, cek laboratorium, rekam jantung, rontgen, tindakan pra operasi, kantong feses tempel, dan lain-lain.

INFAQ DARURAT PEDULI KASIH SESAMA MUSLIM

Ujian berat lahir tanpa anus yang diderita ananda Nasha adalah beban kita juga, karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَومَ القِيَامَةِ و مَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيهِ في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ و مَن سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ و الله في عَونِ العَبْدِ ما كان العَبْدُ في عَونِ أَخِيهِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut senantiasa membantu saudaranya…” (HR Muslim).

Bunga-bunga kasih kepedulian kaum Muslimin sangat dibutuhkan untuk membantu pengobatan Nasha, demi perkembangan generasi umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Donasi untuk membantu operasi pembuatan anus ananda Nasha bisa disalurkan melalui program INFAQ DARURAT ke Rekening IDC:
Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
Bank BNI Syariah, No.Rek: 293.985.605 a.n: Infaq Dakwah Center.
Bank Mandiri Syari’ah (BSM), No.Rek: 7050.888.422 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
Bank Bukopin Syariah, No.Rek: 880.218.4108 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
Bank BTN Syariah, No.Rek: 712.307.1539 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
Bank Mega Syariah, No.Rek: 1000.154.176 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.7289 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
Bank CIMB Niaga, No.Rek: 80011.6699.300 a.n Yayasan Infak Dakwah Center.
Bank BCA, No.Rek: 631.0230.497 a.n Budi Haryanto (Bendahara IDC).

CATATAN:
Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 3.000 (tiga ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.003.000,- Rp 503.000,- Rp 203.000,- Rp 103.000,- 53.000,- dan seterusnya.
Laporan penyaluran dana akan disampaikan secara online di: www.infaqDakwahCenter.com.
Bila biaya pengobatan sudah tercukupi/selesai, maka donasi dialihkan untuk program IDC lainnya.
Info: 08122.700020.

sumber: infaqdakwahcenter.com

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close