INTERNASIONAL

Netanyahu Ancam Serang Gaza dengan Kekuatan Besar

Tel Aviv (SI Online) — Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kembali mengancam Hamas akan menyerang Gaza dengan “kekuatan besar” jika serangan roket dari Jalur Gaza tidak dihentikan, Anadolu memberitakan (18/10)

Pernyataan tersebuy disampaikan ketika Netanhayu mengunjungi tentara Israel yang bertanggung jawab di perbatasan Gaza dan melakukan evaluasi dengan para pejabat militer senior di kawasan itu.

Dalam kunjungan tersebut, Netanyahu mengatakan bahwa pihaknya mengikuti perkembangan terakhir dari situasi perbatasan Gaza dari dekat.

Mengacu pada pernyataan yang dilontarkannya pada rapat kabinet pada Minggu pekan lalu, Netanyahu berkata, “Jika serangan itu tak dihentikan, maka kami akan menghentikan mereka”.

“Hari ini saya nyatakan kembali bahwa Israel akan menggunakan kekuatan yang besar [untuk menghentikan mereka],” tambah dia.

Sebelumnya Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan, sebuah roket yang diduga ditembakan dari Gaza jatuh ke sebuah rumah di Kota Biru’s Sabi, selatan Israel.

Setelah insiden tersebut, pesawat tempur Israel melakukan serangan udara balasan terhadap beberapa target di Gaza. Serangan tersebut menyebabkan satu warga Palestina menjadi martir serta melukai tiga warga lainnya.

Kelompok-kelompok di Gaza menolak tuduhan bahwa serangan-serangan roket itu dilakukan oleh mereka.

Dua hari sebelumnya, Pesawat Israel menembaki sebuah lahan pertanian di Jalur Gaza utara, di mana sekelompok orang Palestina berusaha menerbangkan layang-layang dan balon api ke Israel, kata militer Israel.

Militer mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukannya menembak ke arah pasukan Palestina di kota utara Beit Hanoun yang meluncurkan balon api ke wilayah Israel.

Dalam beberapa pekan terakhir, aktivis Palestina telah menerbangkan layang-layang dan balon api di atas wilayah Israel sebagai bagian dari protes anti pendudukan yang terus berlangsung di sepanjang perbatasan Gaza.

Sejak Maret, lebih dari 200 orang tewas menjadi martir dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan tentara Israel selama protes terhadap puluhan tahun pendudukan Israel dan blokade 12 tahun di Jalur Gaza yang telah telah menghancurkan perekonomian Gaza dan merampas sejumlah komoditas pokok dari sekitar dua juta penduduknya.

Sumber : Anadolu

ARTIKEL TERKAIT

Close