DAERAH

Pasangan Muslim Midji-Norsan Rebut Kalimantan Barat

Pontianak (SI Online) – Kalimantan Barat akan kembali dipimpin oleh pasangan gubernur dan wakil gubernur Muslim. Pasalnya, dalam pemilihan gubernur Rabu 27 Juni 2018, pasangan Sutarmidji-Ria Norsan berhasil menyalip perolehan suara pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot, dengan perolehan suara sementara sebesar 56.17 persen.

Sebelumnya, selama dua periode sejak 2008 hingga 2018, provinsi ini dipimpin oleh politisi PDIP yang beragama Katolik, Cornelis. Tak mau kehilangan kekuasaan, dalam pilkada serentak 2018 ini, PDIP mengajukan putri Cornelis, yakni Karolin Margret Natasa sebagai calon gubernur.

Tapi apalah daya, menurut perhitungan cepat (quick count) dari Lembaga Survey Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan Karolin-Gidot yang tadinya unggul akhirnya diungguli oleh pasangan Sutarmidji-Norsan. Karolin-Gidot menjadi urutan kedua dengan perolehan suara sementara sebesar 37.35 persen.

Dan pada urutan terakhir, ada pasangan Milton Crosby dan Boyman Harun dengan perolehan suara sementara sebesar 6.48 persen.

Hasil ini didapatkan dari 43.10 persen presentase data yang telah diterima dengan margin of error sebesar 1.00 persen. Hasil tersebut dihitung sampai pukuk 14.56 WIB dengan Vote Turnout (VTO) sebesar 82.24 persen.

red: farah abdillah

Close