INTERNASIONAL

Pawai Kepulangan Akbar Berlanjut sampai Blokade Israel Berakhir

Gaza (SI Online) – Organisasi Perjuangan Islam Hamas bertekad untuk terus menyelenggarakan aksi protes mingguan di sepanjang zona pembatas Gaza-Israel hingga Israel mengakhiri blokade selama 11 tahun di Jalur Gaza.

The Great Return March (Aksi Pawai Kepulangan Akbar) telah menjadi bagian dari perjuangan Palestina, dan itu akan berlanjut sampai tujuan kami terpenuhi, yaitu diakhirinya blokade Gaza,” kata pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Senin (19/9).

The Great Return March dimulai pada 30 Maret, di mana ratusan ribu demonstran Palestina berunjuk rasa di zona pembatas yang memisahkan Gaza dari Israel.

Israel telah menanggapi unjuk rasa itu dengan serangan brutal, hingga menewaskan lebih dari 150 orang dan melukai ribuan lainnya.

“Karena upaya rekonsiliasi [antar-Palestina] goyah, kami akan memfokuskan upaya kami untuk mengakhiri blokade,” ujar Haniyeh merujuk pada kebuntuan politik antara Hamas dan Fatah.

Baru-baru ini Fatah menyampaikan penolakannya terhadap gencatan senjata antara faksi-faksi perlawanan yang berbasis di Gaza dan Israel sebelum kesepakatan rekonsiliasi Hamas-Fatah dicapai.

Oktober lalu, Hamas dan Fatah menandatangani perjanjian rekonsiliasi di Kairo yang jika diwujudkan akan memungkinkan pemerintah Palestina yang berbasis di Ramallah untuk mengelola Gaza, yang telah dijalankan oleh Hamas sejak 2007.

Kesepakatan itu, bagaimanapun, belum berlaku karena sejumlah perbedaan – termasuk ideologis – antara dua faksi yang bersaing.

sumber: anadolu

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close