INTERNASIONAL

Pawai Kepulangan Akbar Berlanjut Tolak Pencaplokan Tepi Barat

Gaza (SI Online) – Warga Palestina mulai berduyun-duyun ke kamp-kamp aksi kepulangan di Jalur Gaza timur untuk berpartisipasi dalam aksi lanjutan The Great Return March (Pawai Kepulangan Akbar) pada pekan ke-61, Jumat lalu (14/6).

Dilansir Pusar Informasi Palestina, warga mulai datang untuk berpartisipasi dalam aksi Jumat 61 yang bertena “Tidak Pencaplokan Tepi Barat” oleh Israel serta upaya mereka melikuidasi masalah Palestina.

Sementara itu, menurut media Israel, telah terjadi tiga kebakaran di sejumlah permukiman Yahudi di sekitar Gaza dilanda kebakaran.

Komisi Tinggi Nasional untuk Gerakan Kembali meminta warga untuk berpartisipasi dalam aksi kepulangan pekan ke-61 yang bertema “Tolak Pencaplokan Tepi Barat” di kamp-kamp aksi kepulangan di sekitar Jalur Gaza timur.

Dalam sebuah pernyataan persnya lembaga ini menekankan perlunya keikutsertaan warga dalam aksi ini untuk menegaskan penolakan mereka atas pernyataan David Friedman, duta besar AS untuk Israel tentang aneksasi barat Tepi Barat ke pemukiman Israel serta penolakanya secara total terhadap kebijakan Amerika Serikat atas hak-hak rakyat Palestina.

Sejak 30 Maret 2018, warga Palestina telah berpartisipasi dalam aksi pawai damai di perbatasan timur Jalur Gaza untuk menuntut kembalinya para pengungsi Palestina ke kota-kota dan desa-desa mereka dimana mereka tinggalkan pada tahun 1948 selain untuk menuntut pembebasan pengepungan Gaza.

Namun Tentara Israel berupaya menekan aksi pawai ini dengan melakukan serangankaian kejahatan hingga 318 warga Palestina gugur syahid, 12 orang diantaranya jenazahanya belum dikembalikan, menurut catatan Kementerian Kesehatan Palestina. Sementara itu, 31.000 orang luka dan 500 di antaranya dalam kondisi kritis.

sumber: infopalestina

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close